BERITABETA.COM, Ambon — Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna (LPTTG) Maluku.

Apresiasi itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda kepada wartawan di rumah makan UMKM Kota Ambon, Selasa (8/6/2021)

Kilkoda mengaku, partisipasi LPTTG dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang digelar tersebut telah diarahkan kepada UMKM di Maluku.

Apalagi lanjut dia, di masa pandemi Covid-19 ini perlu diadakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat di Provinsi Seribu Pulau ini.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk bagaimana para UMKM bisa memproduksi pangan lokal menjadi produk pangan kering. Saya sudah pernah mencicipi, sangat enak sekali, mirip dengan produk pabrik,” ungkap Kilkoda

Ia menjelaskan, untuk pangan kering yang dikelola oleh UMKM ini benar-benar diambil dari pangan masyarakat Maluku, berupa ketela, ubi kayu.

Dikatakan Kilkoda, Gubernur Maluku juga sudah memberikan dukungan atas apa yang sudah dilakukan oleh LPTTG Malindo ketika mencicipi hasil produksi UMKM.

"Gubernur mengharapkan agar LPTTG Malindo bisa memberdayakan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang sudah dilaksanakan beberapa hari ini. Untuk tahap awal ini, kegiatan sudah dilaksanakan selama sebulan, dan setiap pelatihan dilaksanakan selama seminggu," tandasnya.

Pihaknya mengaku peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut berjumlah 60 orang yang berasal dari Desa-Desa di wilayah Kota Ambon (BB-YP)