BERITABETA.COM, Bula — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar Seminar Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Perpustakaan dan Kearsipan SBT, Senin (19/7/2021) itu dihadiri Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan SBT Sumarno Sagala, Ketua STAI Seram Timur Ismail Kelderak dan sejumlah Dosen STAI Seram Timur.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan SBT Sumarno Sagala dalam sambutannya mengungkapkan, pada beberapa waktu lalu, telah dilakukan MoU antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan SBT dengan kampus STAI Seram Timur.

"Kegiatan hari ini adalah sebagai tindak lanjut dari kerjasama dimaksud, dengan salah satu program kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu TPBIS dengan tema kegiatan 'Literasi Digital' yakni suatu metode pembelajaran bagaimana memanfaatkan jurnal digital dalam penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa" ungkap Sumarno Sagala.

Sumarno menjelaskan, di era tatanan normal baru (new normal) saat ini, perpustakaan berperan melakukan penguatan literasi. Sehingga berdampak pada pemulihan sosial ekonomi, menjadi ruang publik untuk berbagi pengalaman, belajar secara konstektual dan melatih kecakapan keterampilan.

Disamping itu lanjut dia, perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan melalui penguatan budaya literasi guna mewujudkan masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter.

Paradigma perpustakaan, kata dia,  harus dirubah dari semula yang dianggap sebagai gudang buku kini bertransformasi menjadi perpustakaan yang dapat memberdayakan masyarakat dengan pendekatan teknologi informasi.

“Hal ini memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat yaitu dapat mengubah kualitas hidup menjadi lebih baik menuju kesejahteraan atau dalam istilah literasi dikenal dengan "Literasi untuk kesejahteraan" bebernya.

Dia menandaskan, program TPBIS adalah salah satu program nasional yang bertujuan memperkuat peran perpustakan umum daerah untuk meningkatkan kualitas SDM.