BERITABETA.COM, Bula — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang [PUPR] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] melakukan penimbun material pasir dan sirtu diatas jembatan Wai Mer IV, Desa Dawang, Kecamatan Teluk Waru yang rusak sejak dua tahun lalu.

Langkah dinas yang dipimpin Abu Saleh Salampessy ini menyusul Kecelakaan Lalulintas [Lakalantas] tunggal yang dialami Hilux Warna Hitam dengan nomor polisi DE 8059 HM yang diketahui mobil rombongan bupati SBT saat melakukan Kunjungan Kerja [Kunker] ke Kecamatan Tutuk Tolu.

Kepala Seksi Jalan Dinas PUPR SBT Novi Rumata saat dikonfirmasi beritabeta.com di Bula, Minggu pagi (22/01/2023) mengungkapkan, upaya melakukan timbunan ini untuk sementara waktu sambil menunggu penanganan dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional [BPJN] Provinsi Maluku.

"Cuman timbun patahan [jembatan] itu untuk sementara akibat insiden kecelakaan kemarin, sambil tunggu penanganan dari balai jalan," ungkap Novi Rumata.

Novi menerangkan, saat ini ruas jalan Bula - Masiwang - Airnanang sudah ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional, sehingga kewenangannya sudah di BPJN Maluku.

Ia mengaku, selain kerusakan jembatan Wai Mer IV ini, sejumlah kerusakan jembatan di ruas jalan Bula - Masiwang - Airnanang itu data-datanya sudah dimiliki BPJN Maluku.

"Kalau untuk perhatian sudah ada datanya semua di BPJN, cuman masalah administrasi untuk penanganan yang harus diselesaian seperti serah terima aset yang kemarin-kemarin kita bicarakan itu. Tim dari BPJN sudah dibentuk, kami menunggu tim satker yang mau turun untuk pendataan bersama," terangnya.

Sebelumnya, BPJN Maluku telah mengusulkan rencana pembangunan tujuh jembatan di ruas Bula - Masiwang - Airnanang yakni jembatan Wai Salas, Wai Mer IV, Wai Dawang II, Wai Falik, Wai Lomin IV, Wai Salagur dan Wai Birit untuk dibangun pada 2023 ini.

Apesnya, Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT] lamban dalam merespon surat yang dikirim oleh BPJN Provinsi Maluku terkait permintaan nama tim peneliti dan permohonan kesediaan menghibahkan barang milik daerah, sehingga usulan tersebut tertunda. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi