BRRITABETA.COM, Bula — Sejumlah infrastruktur jembatan di ruas jalan Bula - Masiwang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku terancam ambruk.

Beberapa diantaranya bahkan sudah mulai rusak parah, termasuk jembatan Wai Salas, Kecamatan Bula, jembatan Wai Dawang I dan Wai Dawang II Kecamatan Teluk Waru dan satu gorong-gorong di Desa Dawang Kecamatan Teluk Waru.

Menyikapi kondisi itu, Ketua Lembaga Pemantau Pemerintahan di Daerah (Papeda) Maluku Bakri Rumakey menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sudah harus punya perhatian serius.

Dia menyarankan agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT melakukan identifikasi ke lapangan, sehingga langkah antisipasi dilakukan sejak awal sebelum terjadi ambruk.

"Kejadian ambruknya jembatan Wai Salas dan Wai Dawang harus menjadi catatan bagi pemkab SBT, sehingga langkah antisipasi sudah harus dilakukan terhadap beberapa infrastruktur jembatan yang mulai rusak" kata Bakri Rumakey kedapa beritabeta.com di Bula, Senin (2/8/2021)

Bakri yang juga sebagai fungsionaris Badan Kordinasi (Bakdo) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Maluku - Maluku Utara itu membeberkan, saat ini jembatan Wai Mer di Kecamatan Teluk Waru mulai megalami kerusakan.

Dia mengungkapkan, fisik bangunan jembatan tersebut mulai retak, bahkan terjadi kemiringan pada bahu jembatan bagian tengah.

"Beberapa kejadian jembatan ambruk di daerah ini saat dilintasi kendaraan dengan beban berat, jangan sampai hal yang sama terjadi pada jembatan Wai Mer. Olehnya itu, perlu ada langkah alternatif yang ditempuh" tandasnya.

Ikhwal tersebut ikut ditanggapi Anggota Komisi C DPRD Kabupaten SBT, Costansius Kolatfeka.

Dia mengungkapkan, ambruknya jembatan Wai Salas harus menjadi titik pacu bagi Dinas PU SBT dan Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan (BPJN) Wilayah XVI Maluku.

Untuk itu, Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD SBT ini berharap, Dinas PU SBT segera melakukan identifikasi terhadap beberapa jembatan lainnya di Kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Mungkin saja titik pacu jalan ini bisa saja Dinas PU akan menindaklanjuti memeriksa jembatan berikutnya, sehingga jangan terjadi demikian lagi, minimal antisipasi dini itu penting" ungkap Costansius Kolatfeka.