BERITABETA.COM, Bula — Anggota Komisi C DPRD Seram Bagian Timur (SBT) Costansius Kolatfeka mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT  agar segera melakukan langkah-langkah cepat menangani kerusakan jembatan Wai Salas yang patah. Kerusakan jembatan ini dinilai telah berakibat pada putusnya jalur lalulintas kendaraan dari dan ke kota Bula, terutama ke Bandara Kufar, Kabupaten SBT.

"Kami minta perhatian serius dari semua pihak dalam hal ini pihak  Balai Jalan dan Jembatan maupun Dinas Pekerjaan Uumum (PU) Kabupaten SBT agar dapat melakukan langkah-langkah cepat," ungkap Kolatfeka saat meninjau kerusakan Jembatan Wai Salas, Jumat (30/7/2021).

Politisi Partai Gerindra ini menegaskan, jalur jalan yang melewati jembatan Wai Salas ini  menjadi satu-satunya akses yang dapat dilalui masyarakat di sejumlah kecamatan, termasuk jalur menuju Bandar Udara (Bandara) Buak Uriti di Desa Kufar, Kecamatan Tutuk Tolu.

Dikatakan, pasca ambruknya jembatan tersebut dirinya sudah berada di lokasi kejadian, saat dia dan beberapa rekan-nya melakukan perjalanan dari Kecamatan Tutuk Tolu menuju Kota Bula.

Ia mengaku sudah  berkoordinasi dengan Kepala Dinas PU SBT Umar Billahmar sejak pukul 01.00 WIT dinihari.

"Dari kordinasi itu mendapat respon baik dari kepala dinas, dan saat ini juga kami berada di lapangan bersama dengan Kepala Dinas Pak Umar Billahmar" bebernya.

Sebagai sikap politik DPRD, Ketua Fraksi Partai Geindra DPRD SBT itu memberikan dukungan penuh kepada Pemkab SBT lewat Dinas PUPR untuk segera menyelesaikan kerusakan jembatan tersebut.

Dia mengaku, jika Komisi C DPRD SBT bersama Dinas PU SBT dalam rapat konsultasi nanti, dia berjanji akan mendorong pimpinan komisi C DPRD SBT Abdullah Kelilauw untuk segera ditangani dan dikuncurkan anggaran untuk penanganan cepat.

"Sambil menanti perencanaan dan konsultan yang melakukan kerja-kerja sesuai dengan prosuduralnya" tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PU SBT Umar Billahmar mengungkapkan, setelah mendapatkan laporan dari Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD SBT Costansius Kolatfeka, pihaknya langsung membangun koordinasi dengan sejumlah mitra.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam hal ini rekan-rekan yang bermitra dengan pemerintah daerah. Mereka sudah siap untuk melakukan langkah-langkah kongkrit untuk mempercepat rehabilitasi jembatan ini" ungkap Billahmar.

Billahmar menegaskan, Dinas PU SBT akan berkonsentrasi untuk memperbaiki jembatan abruk tersebut, sehingga dia samgat berharap mendapat dukungan politik dari DPRD setempat.

Umar juga memastikan pada besok hari, beberapa alat berat berupa grader dan ekskavator siap didatangkan ke lokasi untuk melakukan normalisasi pada sungai Wai Salas.

"Yang pasti kami konsentrasi untuk jembatan ini, besok glader dan ekskavator sudah masuk pasti jalan darurat diperbarui lagi untuk jalur sementara untuk arus transportasi jalan," tandasnya.

Pantauan beritabeta.com di lokasi, sejak siang tadi pihak konsultan sudah melakukan pemantauan langsung dan mengukur kerusakan pada jembatan Wai Salas tersebut (*)

Pewarta : Azis Zubaedi