BERITABETA.COM, Ambon – PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon berhasil meraih penghargaan Best Airport di kawasan Asia Pasifik pada Airport Service Quality (ASQ) Award Tahun 2021. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Airport Council International (ACI) kepada Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon sebagai pemenang dalam kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun.

General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana mengatakan pencapaian ini merupakan bentuk pengakuan atas upaya berkelanjutan yang telah diberikan oleh Bandara Internasional Pattimura Ambon dalam menjaga dan meningkatkan standar pelayanan. 

"Upaya berkelanjutan tersebut dibuktikan dari peningkatan skor dalam penilaian pelayanan bandara melalui program Airport Service Quality (ASQ) sepanjang tahun 2021,"kata  General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana kepada wartawan melalui relisnya, Sabtu (12/3/22).

Menurutnya, pada Triwulan Pertama tahun 2021 (Januari – Maret 2021), Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon memperoleh skor penilaian 4,65. 

"Selanjutnya, berturut-turut memperoleh skor penilaian 4,89 pada Triwulan Kedua Tahun 2021 (April – Juni 2021), skor penilaian 4,97 pada Triwulan Ketiga tahun 2021 (Juli – September 2021), dan skor penilaian 4,98 pada Triwulan Keempat tahun 2021 (Oktober – Desember 2021),"ujarnya.

Ia juga menjelaskan penghargaan tersebut merupakan bagian dari pencapaian PT Angkasa Pura I yang juga memperoleh penghargaan serupa pada bandara-bandara lain yang dikelolanya yaitu:

1.  Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta sebagai BEST AIRPORTS di kawasan Asia Pasifik pada kategori Bandara dengan kapasitas 2 sampai 5 juta penumpang per tahun.

2. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Internasional Yogyakarta sebagai BEST AIRPORTS di kawasan Asia Pasifik pada kategori Bandara dengan kapasitas 5 sampai 15 juta penumpang per tahun.

Selanjutnya, penghargaan ini semakin melengkapi pencapaian Bandara Internasional Pattimura Ambon yang sebelumnya memperoleh apresiasi “The 2021 Voice of The Customer Recognition” dari Airport Council International (ACI).