BERITABETA.COM, Bula — Pada tahun 2024 ini, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku akan membangun lima box culvert di ruas jalan Bula - Masiwang, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Hal itu diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.6 Provinsi Maluku Elsina Malindir kepada beritabeta.com di Bula, Sabtu (17/5/2024).

Elsina menandaskan, saat ini sudah dilakukan kegiatan pembersihan akses jalan untuk nantinya dimulai pekerjaan lima box culvert tersebut.

"Ada pekerjaan off pavement (pembuatan box culvert 5 buah) dari ruas Bula - Masiwang. Sementara jalan untuk pembersihan pembuatan jalan akses," ungkap Elsina Malindir.

Ia berujar, pekerjaan lima box culvert ini tergabung dalam paket preservasi jalan Bula-Masiwang yang ditangani oleh salah satu perusahaan yang sama yakni PT. Gemilang Karisma Konstruksi.

Dia menambahkan, selain lima box culvert itu, perusahaan tersebut juga menangani kegiatan penanganan rutin jalan, jembatan, rehab jembatan, rekon jalan dan minor jalan di ruas tersebut.

"Nama Paket Preservasi Jalan Bula - Masiwang (SBSN). Ini semua 1 perusahan yang sama untuk tangani Rutin Jalan, Jembatan, Rehab Jembatan, Rekon Jalan, Minor Jalan dan Boxculvert," ujarnya.

Sebelumnya, infrastruktur jalan dan jembatan di ruas jalan Bula-Airnanang, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku mulai dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.6 Provinsi Maluku Elsina Malindir kepada beritabeta.com menjelaskan untuk ruas jalan Bula - Masiwang - Airnanang tahun 2024 ini ada pekerjaan.

Jadi dibagi dua ruas, yaitu dari Bula - Masiwang dan Masiwang - Airnanang," ucap Elsina Malindir di Bula, Kamis (21/3/2024).

Elsima membeberkan, khusus untuk ruas jalan Bula - Masiwang saat ini sedang dilakukan pekerjaan aspal di beberapa segmen, kegiatan rehab jembatan sekaligus pengaspalan dan penggantian boxculvert.

Sementara di ruas jalan Masiwang - Airnanang tambah dia, akan dilakukan penanganan pekerjaan aspal pada beberapa titik, termasuk rehab jembatan dan berkala jembatan.

"Untuk ruas Bula - Masiwang lagi sementara pekerjaan  aspal di beberapa segmen, ada rehab jembatan sekalian aspal di atas jembatan dan penggantian boxculvert. Sedangkan di ruas Masiwang - Airnanang juga ada penanganan pekrjaan aspal di beberapa titik, rehab jembatan dan berkala jembatan," bebernya.

Ditanya soal jembatan dimana saja yang akan dilakukan rehab, dia menyebut setidaknya ada enam yakni jembatan Wai Salas, jembatan Wai Kola, jembatan Wai Nif, jembatan Wai Merth, jembatan Wai Beli dan jembatan Wai Balifar.

Ia mengungkapkan, dari sejumlah jembatan itu, hanya jembatan Wai Salas dan jembatan Wai Merth yang dilakukan penanganan pada bagian bawah bangunan dan bagian atas bangunan.

"Ada 2 jembatan yang penanganan dibangun bagian bawah dan bangunan bagian atas. Sedangkan sisa 4 jembatan hanya bangunan atas yaitu aspal sampai di oprit jembatan," ungkapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi