BERITABETA.COM, Bula — Balai Pelaksanaan Jalan Nasional [BPJN] Provinsi Maluku akhirnya turun tangan untuk membangun jembatan bailey diatas bangunan jembatan Wai Salas, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT].

Pembangunan jembatan darurat ini menyusul ambruknya jembatan tersebut pada 4 Desember 2022 sebagai upaya untuk memperlancar akses mobilisasi dari sejumlah kecamatan ke ibukota kabupaten dan sebaliknya.

Pejabat Pembuat Komitmen [PPK] 2.6 Provinsi Maluku Edwin R. Huwae kepada beritabeta.com di Bula, Jumat (16/12/2022) mengungkapkan, pada 28 April 2022 lalu, ruas jalan Bula - Masiwang - Airnanang telah dinaikkan statusnya sebagai jalan nasional berdasarkan Surat Keputusan [SK] Menteri PUPR.

"Sehingga kewenangan penuh atas seluruh infrastruktur di ruas ini berada dibawa kewenangan Kementerian PUPR c.q. BPJN Maluku," ungkap Edwin R. Huwae.

Edwin membeberkan, jembatan Wai Salas adalah salah satu jembatan yang berada di ruas Bula - Masiwang yang sejak tahun 2021 mengalami kerusakan parah.

Kondisi ini tambah dia, ikut mengakibatkan terganggunya akses penghubung kota Bula ke beberapa kecamatan dan desa di wilayah kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Sebagai bentuk tanggungjawab terhadap kendala tersebut, BPJN Maluku dibantu Dinas PUPR SBT dan Citic Ceram Energy Limited [CEL] dengan gerak cepat menyelesaikan permasalahan terputusnya jembatan tersebut dengan memasang jembatan bailey, sehingga arus lalulintas kembali lancar," bebernya.

Ia menyampaikan terimakasih banyak atas bantuan dan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan ini, baik Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT maupun pihak Citic CEL yang sudah mengkerahkan dua unit alat berat.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan semua pihak, baik Pemda SBT maupun Citic yang sudah boleh mengkerahkan 2 unit alat berat, termasuk juga pengguna jalan yang sudah boleh bersabar sampai selesainya pemasangan jembatan bailey tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya [Gerindra] DPRD Kabupaten SBT Costansius Kolatfeka sangat mengapresiasi langkah cepat dan komitmen yang tinggi oleh BPJN Maluku dalam percepatan pembangunan di SBT.

Kolatfeka mengungkapkan, ada sejumlah jembatan di daerah itu mengalami kerusakan parah yang dapat mengancam keselamatan masyarakat saat melewati jalur tersebut.

Dia berterimakasih lewat langkah cepat yang dilakukan BPJN Maluku serta dukungan dari Dinas PUPR SBT bersama PT Citic CEL dalam pemasangan jembatan darurat di Wai Salas.

"Saya mengapresiasi sungguh BPJN Maluku, Dinas PUPR SBT dan pihak Citik CEL, walaupun darurat tapi membuat kenyamanan dalam lalulintas," ucap Costansius Kolatfeka. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi