BERITABETA.COM, Masohi – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), rencananya akan melaksanakan operasi lalulintas yang digelar serentak secara nasional. Operasi yang bersandi Operasi Patuh Siwalima 2019 ini, akan dilaksanakan selama 14 hari atau dua pekan.

“Mulai dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 11 September Ditlantas Malteng akan melaksanakan Operasi Patuh Siwalima,” kata Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) AKP Frihamdeni kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (26/8/19).

Menurutnya, selain menciptakan ketertiban dan kepatuhan masyarakat, tujuan operasi tersebut juga untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Tujuannya untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” katanya.

Sementara itu, pria yang berpangkat Ajun Komisaris Polisi ini juga mengatakan, operasi ini mengedepankan penindakan hukum sebesar 60%, dan prioritas pelanggaran yang bisa menimbulkan faktor lakalantas. Serta menghimbau agar pengguna jalan atau pengendara untuk mematuhi rambu lalu lintas dan  juga lebih hati-hati dalam berkendara.

“Target operasi yaitu pengendara motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt), untuk kendaraan roda 4 seperti mobil melebih batas kecepatan, pengemudi rawan arus, pengendara bermotor masih dibawa umur, menggunakan hp dalam berkendara, dan  rotator mobil umum bukan dinas, serta pelanggaran untuk kendaraan roda dua yang tidak menyalakan lampu utama pada siang hari. Semua itu pelanggaran yang menjadi prioritas pada saat operasi patuh nanti,” jelasnya.

Sementara untuk personil yang akan disiapkan pada operasi nanti,  kata Deni, akan mengerahkan seluruh anggotanya untuk turun ke jalan  mengamankan operasi patuh ini.

“Kekuatan untuk operasi nanti, saya akan mengarahkan 25 anggota personil lalu lintas, dan juga para staf untuk mengamankan operasi ini,” tandasnya. (BB-FA)