BERITABETA.COM, Ambon – Dimas Husemahu  (21) dan Yoana Angelie Elake (23) terpilih sebagai pemenang pertama Duta Bahasa Provinsi Maluku tahun 2019.  Pada malam penobatan di Hotel Santika Premiere Ambon,  Rabu (24/4/2019) malam ini.

Dimas dan Angelie dipilih melalui proses panjang,  yang menyisakan 30 peserta final.  Dari proses pembekalan, sampai babak final, keduanya lolos ke babak 10 besar, sampai enam besar, dan akhirnya menjadi pemenang pertama. 

Dewan juri memberi nilai tertinggi kepada Dimas dan Angelie.  Juri terdiri dari Dr Asrif M.Hum (Kantor Bahasa Provinsi Maluku),  anggota Dr Mariana Lewier  M.Hum (Universitas Pattimura) dan Dra Mimi Hadjajanti MSi. (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku).

Para pemenang Duta Bahasa Maluku 2019 secara lengkap masing-masing untuk kategori putera yakni juara 1 Dimas Husemahu, juara 2 Sabi Ode Umar,  dan juara 3  Imanuel P. Anakotta.  Gelar juara favorit diberikan kepada Frans Lerebulan.

Untuk kategori puteri,  pemenangnya masing-masing juara 1 Yoana Angelie Elake, juara 2  Mevin Lewerissa, dan juara 3 Vilia Marhama Namkatu.  Gelar juara favorit diraih Indah Mawaddah Fitri.

Para pemenang mendapat hadiah sejumlah hadiah dari Kantor Bahasa Maluku, dan juga dari pendukung kegiatan yakni Hotel Santika Premiere Ambon.  Duta Bahasa Maluku selanjutnya akan mengikuti pemilihan duta bahasa tingkat nasional. (BB- rudi fofid)