BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Negeri (Pemneg) Administratif Rukun Jaya, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) SBT melakukan percepatan penertiban dokumen kependudukan, Minggu (4/7/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bula Barat Ridwan Rumonin, Pj Kepala Negeri Adm Rukum Jaya Zulfitri Katjong, Sekretaris Negeri Adm Rukun Jaya Trisno Rumadan, Kamtibmas Rukun Jaya dan Jembatan Basah Juan Wenno, Plh Kepala SD 9 Bula Barat Abdul Rauf Pattiasina, Administrator Data Base Disdukcapil SBT Nanang Faisal dan Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil SBT Sukemi Idris.

Pj Kepala Negeri Adm Rukun Jaya, Zulfitri Katjong dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan pelayanan terpadu yang dilakukan di SD Negeri 9 Bula Barat itu sebagai program prioritas desa dalam membantu masyarakat guna mewujudkan percepatan penerbitan dokumen kependudukan.

"Jadi program ini memang ada dalam rencana pemerintah desa berdasarkan hasil musyawarah, karena dalam musyawarah itu ada keluhan dari masyarakat" ungkap Zulfitri Katjong

Zulfitri menjelaskan, selain penertiban kependudukan sesuai alamat warga yang semula menggunakan alamat Desa Jembatan Basah untuk dilakukan perubahan sesuai alamat dan nama Desa Rukun Jaya saat ini.

Dia mengaku, Pemerintah Desa bersama Disdukcapil SBT juga melakukan pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran.

"Bukan cuma penertiban domisili saja, tapi ada pelayanan untuk KK dilakukan pembaruan. Ada juga kartu Identitas anak, kita konsen ke SD dan TK karena secara administratif data harus lengkap" tandasnya.