Gubernur Maluku, Irjen (Purn) Murad Ismail saat memberikan sambutannya pada acara safari Ramadhan di aula kantor Bupati Buru, Namlea, Kabupaten Buru, Jumat (31/5/2019). (FOTO: BERITABETA.COM)
Gubernur Maluku, Irjen (Purn) Murad Ismail saat memberikan sambutannya pada acara safari Ramadhan di aula kantor Bupati Buru, Namlea, Kabupaten Buru, Jumat (31/5/2019). (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Namlea – Gubernur Maluku,  Irjen (Purn) Murad Ismail menyampaikan tiga pesan religius dalam sambutannya pada acara safari Ramadhan di Namlea, Kabupaten Buru, Jumat (31/5/2019).

Salah satu pesan gubernur itu adalah, membahagiakan fakir miskin dan anak yatim di bulan ramadhan ini.  Pesan itu disampaikan Gubernur Maluku, Irjen (purn) Murad Ismail dihadapan sejumlah pejabat yang hadir dalam kegiatan buka puasa bersama yang bertempat di aula kantor Bupati Buru.

Acara yang turut dihadiri mantan Ketua MUI Maluku, RR Hasanussi, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, Sekda Provinsi Maluku, Hamin Bin Tahir, Kapolres Pulau Buru, AKBP. Ricky Purnama Kertapati, Dandim 1506/Namlea, Letkol Inf Syarifudin Aziz, sejumlah pimpinan OPD Pemprov dan Pemkab Buru itu, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sholat magrib berjamaah dan makan malam bersama.

Gubernur Murad Ismail dalam sambutan singkatnya menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu  disampaikan  antara lain yang pertama di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini,  “Marilah kita akhiri dengan kebaikan. Memperbanyak sedekah dan banyak bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” pesan Gubenur.

Karena dengan bersyukur akan membawa  semua orang kepada rasa simpati dan empati terhadap orang lain. “Implikasinya yang dapat kita terapkan sehari-hari adalah dengan ikut membantu membahagiakan fakir miskin dan anak-anak terlantar maupun yatim piatu,”tandas gubernur.

Kedua, gubernur mengajak umat beragama, khususnya di kabupaten Buru, khusus umat beragama Islam, untuk meningkatkan kualitas keberagaman antar umat beragama. “Mari kita pupuk kebersamaan dan kita bina persatuan dan kesatuan di antara sesama.Jangan sampai kita terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan seperti hoax di media sosial pasca Pileg dan Pilpres di 2019,”gugah gubernur.

Yang terakhir, kata gubernur, untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Provinsi Maluku, maka kepada seluruh jajaran Pemda Kabupaten Buru untuk bekerja secara profesional, optimal potensi sumber daya manusia dan tingkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan Angka kemiskinan, mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

“Melalui buka puasa bersama ini juga saya mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah provinsi Maluku untuk berlomba-lomba akan mewujudkan visi pemerintah provinsi Maluku 2019-2024, Maluku yang terkelola secara jujur'” pungkas gubernur.

Sementara itu, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi pada kesrmpatan yang sama menyqmpaikan sambutan selamat datang kepada gubernur dan rombongan.

Ramly sempat memuji gubernur yang diakuinya punya jaringan yang luas dengan petinggi negara maupun investor.

Ia berharap, komunikasi gubernur fengan jaringan ini kelak akan mendatangkan berkah juga bagi kelqnjutan pembangunan di Kabupaten Buru.

Di hadapan gubernur dan rombongan, Ramly juga sempat menyinggung tiga program yang sudah berjalan, yakni Gerakan Bupolo Magrib Mengaji  Gerakan Subuh Berjamaah dan Gerakan Bupolo Membaca. (BB-DUL)