BERITABETA.COM, Ambon – Keberadaan Carol Marei Lakein alias Leila (56), warga negara asing (WNA) asal Amerika yang hilang di perairan Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Jumat (7/8/2020), hingga kini belum diketahui.

Upaya pencarian Leila yang diduga kuat hilang saat menyelam itu, sudah memasuki hari keempat, namun hasilnya masih nihil.

“Sampai hari keempat ini kami masih melakukan pencarian,” kata Kepala Basarnas Ambon Djunaidi kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Djunaidi menjelaskan, upaya pencarian telah dilakukan dengan penyisiran di permukaan air dengan menggunakan kapal dan perahu karet hingga ke Tanjung Allang.

Pencarian melibatkan sebanyak 12 personil penyelam dari Team Rescue Kansar Ambon, TNI AD, TNI AL (Marinir), Polairud Polda Maluku, Polsek Nusaniwe, BPBD Provinsi Maluku, PMI Kota Ambon, Persatuan Pemandu Wisata Selam Maluku dan masyarakat setempat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Laila bersama rekannya Kevin Scott Pool (57) yang sama-sama berkewarganegaraan Amerika Serikat sejak awal Maret 2020 telah berada di perairan Teluk Ambon dengan menggunakan kapal layar bernama Aquabago.

Dikabarkan, pada Jumat pagi sekitar pukul 09.30 WIT, Kevin lebih dulu menyelam yang kemudian disusul Laila. Namun menyusulnya Laila tanpa sepengatahuan Kevin.

Saat Kevin usai menyelam dan kembali ke kapal, ternyata tidak menemukan Laila di atas kapal,  beserta perlengkapan penyelamatan yang biasa ia gunakan.

Pasca tak menemukan Laila di atas kapal, Kevin pun menghubungi rekan-rekannya di Negeri Amahusu untuk mengabarkan haI tersebut.

Kejadian tersebut baru dilaporkan ke Kantor SAR Ambon sekitar pukul 12.30 WIT dan tim Rescue baru tiba di lokasi sekitar pukul 14.25 WIT.

Tim Basarnas Ambon langsung melakukan pencarian. Pencarian yang dilakukan hingga sore pada hari yang sama. Pencarian dilakukan tim SAR dengan menyelam di sekitar lokasi korban melakukan menyelam bersama rekanya itu.

“Kita dapat laporan tadi dari anggota Ambon Diving Community itu, pak Sesar itu sekitar jam 13.20. Sedangkan WNA asal Amerika ini diving disekitaran perairan di dekat Hotel Tirta di Amahusu sekitar jam 10.00 pagi tadi ditidak kembali,” ungkap Djunaidi.

Neila dan Kevin Scott Pool diving dengan kedalaman ratusan meter. Setelah mendapat laporan tersebut Team Rescue Kansar Ambon dudah dikerahkan untuk melakukan pencarian (BB-YP)