BERITABETA.COM, Bula — Inspektorat Provinsi Maluku mulai melakukan audit reguler pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT).

Hal itu diungkapkan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwairumaratu kepada beritabeta.com di ruang kerjanya, Senin (13/9/2021) usai melakukan pertemuan dengan tim inspektorat provinsi Maluku.

Jafar menjelaskan, pemeriksaan reguler yang dilakukan Inspektorat Maluku itu menjadi penting, guna mengukur kelemahan dan kelebihan Pemda SBT, terutama dalam urusan pemerintahan.

"Olehnya itu saya menyambut dan dan pro-aktif untuk memberikan dukungan kepada Inspektorat provinsi Maluku untuk melaksanakan pemeriksaan" kata Jafar Kwairumaratu.

Dia membeberkan, selama 10 hari Inspektorat Maluku akan melakukan audit pada 18 OPD di lingkup Pemda SBT, termasuk di Inspektorat SBT, Bappeda, Keuangan, PMD, bagian Ortala dan Pemerintahan.

Untuk itu, dia berharap OPD-OPD sebagai objek diharapkan pro-aktif dalam memberikan dukungan lewat penyediaan data dan pelayanan yang maksimal terhadap tim inspektorat Maluku.

"Hari ini juga saya akan memberitahukan kepada seluruh OPD yang menjadi sasaran objek, jadi tidak semua OPD, karena bicara urusan hanya beberapa OPD" bebernya.

Jafar yang juga sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) SBT ini menegaskan, bila dalam audit itu ada temuan, terutama soal kinerja, pihaknya akan melakukan evaluasi.

Sehingga diharapkan hasil dari audit itu akan dijadikan sebagai rujukan untuk langkah perbaikan atau, peningkatan dalam capaian yang diperoleh OPD-OPD di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Jadi kalau memang dalam hal urusan pemerintahan di bidang apa saja dia masih lemah, itu yang kita dorong terus untuk diperbaiki" pungksnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi