BERITABETA.COM, Ambon – Audit investigasi mengenai kasus dugaan korupsi belanja langsung Sekretariat Daerah atau Setda Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), tahun anggaran 2016 senilai Rp.18 miliar itu dilakukan tim khusus Inspektorat Provinsi Maluku.

Sebelumnya, tim khusus Inspektorat Maluku itu telah bertandang ke bumi Saka Mese Nusa (julukan kabupaten SBB), untuk memeriksa berbagai hal terkait peruntukan anggaran belasan miliar tersebut.

Tim khusus (auditor) Inspektorat Maluku saat itu didampingi tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku. Mereka memeriksa pihak terkait di lingkup Setda Pemkab SBB.

Sejumlah bahan dan keterangan dari audit investigasi itu kabarnya juga diperoleh tim auditor. Seterusnya hasil audit akan diserahkan ke Kejati Maluku.

Soal audit belanja langsung Setda SBB yang tengah dilakukan tim khusus tersebut diakui oleh Kepala Inspektorat Provinsi Maluku, Rosida Soamole.

Rosida membenarkan, pihaknya atau tim khusus masih bekerja. Hanya saja, tentang apa saja yang ditemukan oleh tim auditor, ihwal tersebut belum bisa disampaikan secara gamblang oleh Kepala Inspektorat Maluku ini.

“Kalau hasil auditnya, nanti tanyakan lebih lanjut ke Kejaksaan Tinggi Maluku,” ujar Rosida Soamole ketika di konfirmasi beritabeta.com di Ambon, Selasa (24/08/2021).