Minuman Detoks
Minuman Detoks

BERITABETA.COM–  Pandemi Covid-19 telah membuat setiap orang wajib menjaga imun tubuhnya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, para ahli banyak menyarankan mengosumsi buah-buahan, sayuran, dan rempah yang kaya akan vitamin, antioksidan, serta mineral.

Belakangan minum infused water menjadi salah satu metode detoks populer. Ada banyak buah segar yang bisa diracik jadi infused water praktis.

Minum air detoks adalah salah satu cara yang bermanfaat bagi tubuh guna. Cobalah membuat minuman sendiri dengan irisan lemon, irisan jeruk, nanas, mentimun, jahe segar, daun mint, dan air.

Minuman yang menyegarkan ini penuh dengan manfaat kesehatan dan dapat memberi keajaiban, terutama untuk kekebalan tubuh, manajemen berat badan, pencernaan, dan ginjal seperti dilansir dari NDTV.

Dokter Spesialis Gizi RSUP Dr Kariadi Darmono mengungkapkan, kandungan vitamin, kalium, dan antioksidan dalam buah bisa larut dalam air. Saat masuk tubuh bersama air putih, zat-zat tersebut lebih mudah diserap tanpa butuh proses pencernaan di lambung.

“Berbeda kalau makan buah, perlu proses sebelum akhirnya nutrisi dalam buah diserap tubuh,” jelasnya.

Namun, Darmono menyarankan, buah yang digunakan saat membuat air infus tidak dikonsumsi. Pasalnya, mendiamkan selama 12 jam membuat buah terfermentasi sehingga kandungan nutrisi dalam buah berkurang, bahkan hilang.

“Kalau ingin makan buah, lebih baik mengonsumsi buah segar tanpa diolah. Ini lebih bermanfaat bagi tubuh,” ujarnya.

Lantas, apa saja manfaatnya?

1. Jeruk

Buah jeruk penuh dengan vitamin C yang bertanggung jawab untuk sistem kekebalan yang kuat dan kulit yang baik. Jeruk juga rendah kalori. Sifat anti-inflamasinya yang kaya membantu meringankan ketidaknyamanan yang timbul karena cedera atau pembengkakan. Kandungan kalium jeruk yang tinggi membantu meningkatkan tingkat tekanan darah yang stabil.

2. Lemon

Lemon juga kaya vitamin antioksidan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang baik, lemon dapat membuat kulit lebih sehat, kekebalan yang lebih kuat, dan turunkan tekanan darah. Lemon juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan juga baik untuk menurunkan berat badan.

3. Nanas

Kandungan tiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, asam pantotenat, kalium, mangan, dan magnesium dalam nanas sangat baik untuk tubuh.

4. Mentimun

Sayuran ini kaya air dan nutrisi. Sekitar 95 persen mentimun hanya air. Kalorinya hanya mengandung 16 kalori per seratus gram sesuai USDA.

5. Daun Mint

Mint dapat membantu meningkatkan pencernaan, memberi napas segar dan mengurangi rasa demam, serta menjaga hidung tersumbat dan sakit kepala. Sifat anti-inflamasi mint juga membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk.

6. Jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk flu, gangguan pencernaan, perut kembung dan mual. Menurut buku ‘Healing Foods’ yang diterbitkan oleh DK Publishing House, jahe terdiri dari gingerol yang memiliki efek analgesik, obat penenang, antipiretik dan antibakteri, komponen lain zingerone adalah antioksidan (BB-DIP)