BERITABETA.COM – Bagi pecinta kopi di Kota Ambon, Maluku, buah yang satu ini bukan lagi menjadi barang baru. Sebab, di setiap rumah kopi atau kedai di Kota Ambon pastinya menyajikan buah sukun sebagai menu favorit.

Di kota Ambon, sukun sering diolah dengan cara digoreng, dan dihidangan bersama kopi. Rasanya nikmat dengan daging yang lembut memang pas menjadi teman ngopi.      

Buah bernama latin Artocarpus altilis ini merupakan buah tropis yang sekilas mirip nangka. Buah sukun memiliki daging buah berwarna putih yang empuk dan manis. Secara biologis, buah ini masih berkerabat dengan buah lainnya, yaitu buah ara dan murbei.

Sukun merupakan bahan pangan alternatif yang cukup populer dan telah dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu jenis tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai sumber makanan yang sehat, terutama sumber karbohidrat juga mempunyai khasiat untuk pengobatan, menyembuhkan penyakit liver, jantung dan ginjal.

Sebuah riset yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  dengan peneliti asal Cina mengungkapkan selain buah, daun sukun sangat juga berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular. Secara empiris daun sukun mampu menyelamatkan ginjal yang sakit.

Rifdah Shabella,  dalam bukunya  Terapi Daun Sukun menguraikan dahsyatnya khasiat sukun untuk menumpas penyakit dapat digunakan sebagai pilihan makam diet rendah kalori, mengingat kandungan kalori buah sukun lebih rendah dibandingkan beras, namun memiliki vitamin dan mineral yang lebih lengkap.

Sukun goreng jadi teman ngopi

Manfaat sukun tersebar secara lengkap mulai dari buahnya yang lezat seperti roti, daunnya yang berkhasiat obat dan batangnya selain untuk bahan bangunan juga menyimpan zat aktif untuk kesehatan.

Sukun tak hanya dapat diolah menjadi makanan yang memiliki nilai jual, hampir seluruh bagian tanaman itu dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Bagian-bagian lain seperti biji, bunga dan daunnya juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.