BERITABETA.COM, Ambon - Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku, terus aktif menemui masyarakat di kota Ambon, untuk mengajak bersama menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024.

Sejumlah wilayah di kota Ambon dikunjungi untuk menyerukan himbauan Kamtibmas. Seperti di perempatan lampu merah jalan AY Patty, pangkalan ojek pohon mangga Air Salobar, depan Toko Hero Benteng dan perempatan jalan Jan Paays, Selasa (2/1/2024).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengungkapkan, tim satgas preemtif yang dikerahkan mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, hindari penyebaran berita hoax terkait isu SARA, maupun politik identitas.

"Warga diingatkan agar jangan saling adu domba. Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, karena siapapun calonnya, apapun partainya, kita tetap harus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Saat ini, tahapan Pemilu 2024 sedang dijalani. Masyarakat diminta agar dapat melaksanakan kampanye dengan tertib dan damai. Patuhi aturan-aturan terkait kampanye yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

"Warga juga diingatkan mengenai kejadian di Papua agar tidak terprovokasi. Hindari politik identitas, politisasi agama, polarisasi mayarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, masyarakat yang ditemui oleh aparat Satgas Preemtif diminta agar tidak mengkonsumsi minuman keras (miras), karena dapat berakibat terjadinya gangguan kamtibmas.

"Masyarakat pun diajak untuk bijak dalam bermedia sosial (hoax, hate speech, provokasi dan penyesatan masyarakat). Dan jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain atau perbuatan melawan atau melanggar aturan hukum," harapnya (*)

Pewarta: Febby Sahupala