BERITABETA.COM, Ambon - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menggelar kegiatan dalam rangka Kirab Setahun Menuju Pemilu Tahun 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan KPU Provinsi Maluku ini dihelat di depan monumen Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Minggu (4/6/2023).

Dengan mengusung tema  "Pemilu Sarana Integrasi Bangsa", kirab turut dihadiri Gubernur Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Forkopimda, Ketua KPU Provinsi Maluku, Penjabat Wali Kota Ambon, para stakeholder dan partai politik.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pada kegiatan tersebut Gubernur Maluku, PJ Walikota Ambon, Kapolda Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Danlanud Pattimura juga turut menandatangani Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Ketua KPU Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun dalam sambutannya menjelaskan KPU telah  melaksanakan Launching atau peluncuran pada Rabu 14 Februari 2023 yang lalu dan kali ini untuk satu tahun menjelang Pemilu, KPU melaksanakan program yang namanya Kirab Pemilu tahun 2024. Kirab Pemilu ini dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke.

"Kami mendapatkan jalur 7 yakni  Kirab yang di tandai titik Awal di Provinsi Papua kemudian melewati Papua Barat, dan melewati Papua Barat Daya kemudian teman-teman Papua Barat Daya bersama-sama dengan KPU Kabupaten Maybrat menyerahkan kepada kami provinsi Maluku lewat jalur pertama di  titik Awal Kabupaten Seram Bagian Timur, selanjutnya KPU Seram Bagian Timur menyerahkan kepada KPU Maluku tengah, Seram Bagian Barat dan du Lanjutkan Kepada Kabupten Buru,Buru Selatan,"jelasnya.

Menurut Kubangun, kegiatan hari ini adalah kita untuk melaksanakan sosialisasi kepada peserta pemilu yang nampak di belakang layar ini 2024 akan dilaksanakan sudah ada peserta pemilu ada 18 partai Pemilu sebagai peserta Pemilu tahun 2024

"kita ingin memperkenalkan dengan membawa Bendera Merah Putih dengan membawa Bendera KPU dengan membawa 18 bendera partai politik yang sudah kita laksanakan terakhir tadi di KPU Kota Ambon Siang tadi,"ujarnya.