BERITABETA.COM, Bula — Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] menjadi lokasi pertama pelaksanaan Kirab Pemilihan Umum [Pemilu] serentak tahun 2024 di Provinsi Maluku.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengungkapkan, Kirab Pemilu 2024 ini menjadi agenda Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia [KPU RI] yang diawali pada 23 April 2023.

Dimana kata dia, salah satu titik pelaksanaan Kirab Pemilu ini ada di Provinsi Papua, kemudian ke Papua Barat, selanjutnya dijalankan ke Papua Barat Daya sehingga mereka bersama-sama dengan KPU Kabupaten Tambrau menyerahkan kepada KPU Maluku melalui KPU SBT sebagai lokasi star Kirab Pemilu di Maluku.

"Satu titik itu ada di Papua, kemudian ke Papua Barat, Papua Barat Daya dan bersama-sama dengan Kabupaten Tambrau menyerahkan ke Provinsi Maluku lewat SBT," ungkap Syamsul Rifan Kubangun kepada beritabeta.com usai kegiatan Kirab Pemilu yang digelar di halaman Kantor KPUD SBT, Rabu (03/05/2023).

Kubangun membeberkan, di Provinsi Maluku ada enam kabupaten yang menjadi lokasi pelaksanaan Kirab Pemilu 2024, yakni Kabupaten SBT, Maluku Tengah [Malteng], Seram Bagian Barat (SBB), Buru, Buru Selatan dan Kota Ambon.

Kendati demikian, sebelum Kirab Pemilu ini digelar pada lima daerah lainnya, terlebih dahulu dilakukan pada sejumlah kecamatan di kabupaten penghasil minyak bumi itu.

"Mereka itu waktunya sekitar 7 hari, dari sini [Bula] mereka akan ke beberapa kecamatan SBT. Kemudian akan ke Maluku Tengah, SBB, kemudian Buru, Buru Selatan setelah itu ke Kota Ambon. Jadi kita hanya ada 6 kabupaten/kota dari 11 kabupaten yang memang kirab pemilu ini melintasi Maluku," bebernya.

Ia menjelaskan, kirab pemilu ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan hari pemungutan suara, mensosialisasikan berkaitan dengan peserta pemilu dan menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya Pemilu.

"Kirab Pemilu ini untuk kita menyampaikan kepada masyarakat, kepada pemilih bahwa kita sudah memasuki tahapan-tahapan Pemilu serentak 2024," jelasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi