Jembatan di Desa Sanahu, Kecamatan Elpaputtih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), terputus  akibat  meluapnya air,Kamis (6/6/19)
Jembatan di Desa Sanahu, Kecamatan Elpaputtih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), terputus akibat meluapnya air,Kamis (6/6/19)

BERITABETA.COM, Ambon – Jalan Trans Seram  dilaporkan lumpuh total akibat terputusnya akses jembatan di Desa Sanahu, Kecamatan Elpaputtih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kamis (6/6/19). Selain jembatan Desa Sinahu terdapat juga beberapa bagian jalan di jalur Trans Seram juga mengalami kerusakan berat.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan, jembatan  putus lantaran meluapnya air di sungai setempat akibat curah hujan lebat yang terjadi Rabu hingga Kamis dini hari.  Akibat putusnya akses jembatan ini, jalan Trans Seram alami kelumpuhan total.

J Pattiasina, salah satu pengguna jalan Trans Seram mengungkap, ia bersama keluarga tidak bisa melintas dan melanjutkan perjalanan ke Masohi karena jembatan memang tidak bisa dilewati lagi.

Ruas jalan trans Seram yang longsor menyebabkan tak bisa dilalui

“Kami terpaksa balik ke Kairatu, karena jembatan di Sanahu putus. Menurut warga di Tempat Kejadian Perkara (TKP), ada sebuah mobil jenis avanza hanyut akibat derasnya air yang mengamuk,” ungkapnya.

Risai, pengguna jalan lain juga ungkap, selain jembatan di Desa Sanahu, jembatan Waikaka juga dipastikan terputus jika curah hujan masih tinggi. Karena jembatan tersebut sudah mengalami keretakan cukup fatal.

Dia mengatakan, Sungai Waikaka cukup besar sehingga kalau air meluap akan berakibat  putusnya jembatan. “Iya itu sungai besar. Sungai di Desa Tala itu sangat lebar, kalau terjadi hujan lebat pasti putus itu jembatan,” katanya.

Atas bencana tersebut, berdasarkan informasi dihimpun, telah dikoordinasikan dengan pihak kecamatan maupun Pemerintah SBB agar segera mengambil langkah-langkah intensif untuk mengantisipasi jembatan rusak tersebut. (BB-DZAL)