Sumber: freepik.com
Sumber: freepik.com

BERITABETA.COM, Jakarta - Tahukah kamu, jaringan koki dan pemilik restoran di Amerika bernama American Harvest Ventures mengatakan bahwa masak bisa jadi keterampilan paling penting untuk dimiliki dalam hidup.

Esensinya, masak memang dilakukan untuk kebutuhan pangan manusia, namun kegiatan memasak pun ternyata dapat menstimulasi kreativitas seseorang dari berbagai aktivitas yang dilakukan.

Mulai dari meracik bumbu, memilih bahan makanan, menciptakan cita rasa, menghias dan membentuk makanan, hingga memilih topping atau garnish untuk penyajiannya tentu melibatkan proses berpikir dan imajinasi yang kreatif.

Selain itu, dengan hadirnya pandemi, memasak pun kian populer dan menjadi salah satu cara untuk menuangkan stress dan bahkan dijadikan peluang untuk menciptakan bisnis rumahan selama di rumah aja.

Tidak sedikit pula masyarakat akhirnya menjadikan hobi masak sebagai peruntungan karir dengan membuat konten di kanal YouTube, Instagram hingga Tik Tok serta menjadikannya peluang usaha kecil yang menguntungkan dari rumah dengan memanfaatkan platform online dan teknologi untuk memasarkannya.

Lantas, apa saja yang diperlukan untuk mengasah karir memasak dan mendapatkan peluang dari hobi ini? Salah satu perlengkapan yang sangat penting adalah alat memasak yang berkualitas baik dan mendukung untuk segala jenis masakan.

Berikut adalah lima alat masak yang bisa bantu mempersiapkan karir memasak dan impian menjadi chef:

Pan atau Wajan Penggorengan

Pan atau wajan penggorengan adalah alat masak yang wajib ada di setiap rumah. Tahukah kamu darimana kata wajan berasal? Wajan yang diambil dari Bahasa Jawa ini berarti besi atau baja yang kuat dan kokoh sehingga dapat digunakan untuk proses memasak dengan tingkat panas yang tinggi.

Selain wajan, alat ini juga dikenal dengan beberapa sebutan lain seperti pan, penggorengan atau bajan. Wajan kembali terbagi menjadi berbagai jenis dengan keunggulan berbeda sesuai proses memasak.

Ada fry pan yang permukaannya lebih datar dan ada wok pan yang lebih cekung. Selain itu, ada yang berlapis granit, keramik hingga berbahan stainless.

Bagi pemula, pastikan kamu membeli pan atau wajan dengan kualitas yang baik ya. Selain bisa menunjang proses dan hasil masakan, pan atau wajan kualitas baik pun bisa bertahan hingga tahunan.

Panci

Untuk mendukung proses memasak makanan berkuah, saus hingga merebus, kamu disarankan untuk memiliki panci dengan kualitas jempolan. Oleh chef, panci umumnya digunakan untuk memasak dengan suhu panas sekitar 2400-3000 F (1315-1648 C). Namun, pemula pun sebaiknya memiliki satu panci dengan kualitas yang baik. Tidak perlu fokus pada ukuran, namun lebih pada fungsi dan ketahanan.

Beberapa jenis panci yang sedang banyak digandrungi adalah panci stainless dan kaca yang bisa didapatkan dengan harga cukup terjangkau. Jangan lupa juga perhatikan perawatan pada panci agar bisa digunakan untuk jangka panjang.

Spatula

Jika sudah punya pan atau wajan berkualitas bagus, jangan lupa untuk menggunakan spatula yang sesuai agar tidak merusak pan atau wajan.  Banyak chef yang merekomendasikan spatula yang berbahan dasar silikon atau nilon untuk menghindari tertinggalnya bekas goresan pada wajan atau panci yang dapat merusak lapisannya dan berbahaya untuk tubuh kita.

Tidak seperti sendok makan, spatula memiliki panjang gagang yang sudah disesuaikan, sehingga tangan tetap berada pada jarak aman dari panasnya api dari kompor.

Terdapat juga spatula lain dengan bahan lain seperti stainless steel dan kayu yang dapat dijadikan referensi sesuai jenis wajan atau pan yang kita miliki.

Pisau Berkualitas

Tak lengkap rasanya jika dalam proses memasak belum menggunakan pisau berkualitas bagus.

Jika biasanya hanya memiliki dan menggunakan satu pisau untuk semua bahan termasuk sayuran, buah, daging, ikan hingga perbawangan, kamu sudah seharusnya berinvestasi pada satu set pisau khusus untuk masing-masing bahan masakan.