BERITABETA.COM, Saparua – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama atau Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, akhirnya meresmikan gedung baru Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 3 Maluku Tengah di Negeri Siri Sori Ilsam Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah, Minggu, (04/12/2022).

Gedung baru MIN 3 Mateng ini telah tuntas dibangun oleh Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Maluku, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Maluku November 2022. Kontraktor Pelaksana adalah CV Nusantara Jaya, dan Konsultan MK adalah PT Mataram Surya Cipta.

Peresmiannya ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, didampingi PPK Prasarana Strategi Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku, Iwan, Kakamenag Malteng Taslim Tuasikal, Kabid Madrasah, La Fatah dan Penjabat Negeri Sir Sori Islam Halid Pattisahusiwa, serta disaksikan Kepala Sekolah MIN 3 mateng Saadiah Wattiheluw, dan dewan guru serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Maluku mengingatkan Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), beserta pimpinan lembaga pendidikan madrasah, agar menggunakan bangunan baru ini sebagai pusat layanan pendidikan, sehingga perlu dirawat dengan baik.

"Rawat dengan baik gedung-gedung ini. Sebab, fungsinya untuk pelayanan pendidikan,"tandasnya.

Pada kesempatan ini Kakanwil Kemenag mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan sejumlah madrasah di wilayah Provinsi Maluku.

"Sesuai apa yang disampaikan pihak Kementerian PUPR pada 2023 ada sekitar 26 madrasah di Provinsi Maluku akan memperoleh jatah bantuan rehab dari Kementerian PUPR. Ini bukti pemerintah konsen terhadap seluruh lembaga pendidikan, tak terkecuali madrasah di seluruh negeri,”tuturnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada kontraktor pelaksana proyek serta Pemerintah Negeri Siri Sori Islam, para Saniri, Tokoh Adat serta pihak kecamatan termasuk Muspika Saparua Timur, yang telah memberi dukungan dan berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga gedung MIN 3 Malteng ini dapat dikerjakan sesuai target.

Pada kesempatan yang sama, Camat Saparua Timur Halid Pattisahusiwa sekaligus Penjabat Negeri Sir Sori Islam menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Kakanwil Kemenag Maluku dan jajarannya ke Saparua Tiimur untuk meresmikan gedung MIN 3 Malteng, serta menghadiri perayaan Natal bersama Keluarga Besar Kemenag Kabupaten Malteng.

"Atas nama Pemerintah Kecamatan Saparua Timur, saya mengucapkan ribuan terima kasih atas kunjungan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku beserta rombongan di Negeri Siri Sori Islam,"ucapnya.

Diketahui, dengan status akreditasi B, MIN 3 Malteng awal berdiri pada 1968 di bawah Yayasan Al Hilal Sir Sori Islam.

 

Undangan dan tamu yang hadir menyaksikan peresmian gedung baru MIN 3 Malteng
Undangan dan tamu yang hadir menyaksikan peresmian gedung baru MIN 3 Malteng

Pada 1991 sesuai SK nomor 52 berubah menjadi MIN Sir Sori Islam, Kecamatan Saparua dengan memiliki enam ruang kelas.

Pada 2003, MIN Al Hilal, bertransformasi atau berubah nama menjadi MIN Siri Sori Islam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI. Nomor : 558 Tahun 2003.

Selanjutnya pada 2018 sekolah ini kembali berubah nama dari MIN Sri Sori Islam menjadi MIN 3 Malteng dengan luas 604 empat persegi. (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy