BERITABETA.COM, Ambon – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, memimpin apel kesiapan pengamanan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) ke IV Tahun 2022 yang dipusatkan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Rabu (16/11/2022).

Pengamanan Popmal ini akan dilangsungkan pada tanggal 17-27 November 2022 mendatang.  Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH.M.Hum, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, SE.,M.M.

Selain petinggi TNI/Polri di Maluku, turut hadir dalam apel gabungan tersebut yakni Sekda Provinsi Maluku Sadali Ie, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs Jan de Fretes, Wadanlantamal IX/Ambon Kolonel Laut (P) Eka Prabawa SE, Danlanud Pattimura Ambon Kolonel Pnb Tiopan Hutapea.

Kemudian, Sekot Ambon, Agus Ririmase, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar S.Ik, para asisten Kodam XVI/Pattimura, Lantamal Ambon, Lanud Pattimura Ambon, seluruh pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam arahannya menyampaikan pengamanan Popmal merupakan amanah yang harus dilaksanakan secara baik dan maksimal.

Popmal, kata dia, merupakan ajang untuk menjaring bibit-bibit atlet terbaik Maluku. Mereka selanjutnya dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Olehnya itu mari kita laksanakan tugas ini dengan maksimal dan penuh rasa tanggung jawab sesuai tupoksi dan ploting yang sudah ditentukan oleh masing-masing perwira pengendali. Sehingga tugas untuk mengamankan seluruh rangkaian ivent yang diembankan kepada kita selama 10 hari ke depan nanti dapat berjalan lancar hingga selesai," harap Kapolda.

Irjen Latif juga mengingatkan kepada seluruh personel TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan nanti, bahwa suskesnya pengamanan Popmal 2022 akan berdampak pada suksesnya penjaringan atlet terbaik Maluku.

Ia meminta kepada para personel agar Protap dan SOP pengamanan yang sudah ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai perkuatan yang ada. Tentunya dengan memyesuaikan terhadap dinamika yang terjadi di lapangan.

Olehnya itu, Kapolda berharap sinergitas harus dijaga dengan baik sehingga koordinasi baik antar sesama anggota di lapangan dan panitia juga dapat berjalan lancar.

"Mari kita hindari tindakan arogansi di lapangan, namun kita kedepankan pelayanan yang humanis dan saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Panglima yang sudah membantu memberikan BKO personelnya bersama para komandannya. Sehingga kita semua berharap pengamanan ini berjalan lancar dan aman hingga selesai," pintanya.

Di tempat yang sama, Pangdam Pattimura, Ruruh Aris Sityawibawa, menyampaikan pesannya kepada seluruh personel TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan Popmal agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Saya minta agar seluruh personel dapat melaksanakan tugas pengamanan Popmal nanti dengan baik, jaga sinergitas dan soliditas dalam pelaksanaan tugas di lapangan," pintanya.

Pangdam mengaku, pengamanan yang dilaksanakan dengan baik diharapkan dapat menghasilakan atlet yang terbaik dan berprestasi untuk mengikuti ivent olah raga yang lebih tinggi nanti.

"Pengamanan yang kita laksanakan akan mengantarkan rekan-rekan kita yang sedang mengikuti ajang Popmal, sehingga dapat menghasilakan atlet yang baik dan berprestasi," harapnya. 

Untuk diketahui, personel gabungan pengamanan Popmal yang dikerahkan sebanyak 1.500 orang. Ribuan personel ini berasal dari satuan-satuan yang ada di TNI maupun Polda Maluku (*)

Pewarta : Febby Sahupala