BERITABETA.COM, Masohi - Sepekan bertugas sebagai Kapolres Maluku Tengah [Malteng], AKBP Abdul Ghafur, S.I.K., S.H., M.Si., langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi perdana untuk anak usia 6 – 12 tahun di SD Naskat Yos Soedarso 1 Kota Masohi pada, Senin (14/02/2022).

Vaksinasi perdana kepada anak 6-12 tahun ini menyasar sejumlah sekolah di Kota Masohi, dan diawali di SD Naskat Yos Sudarso 1.

AKBP Abdul Ghafur kepada wartawan dalam kunjungannya itu mengatakan vaksinasi untuk anak sangat penting dilakukan sebagai salah satu upaya  mencegah penyebaran Covid-19.

Ia juga meminta semua orang tua tidak takut akan keamanan  vaksin, karena vaksin Covid-19 sudah melalui kajian-kajian ilmiah sehingga sangat aman. 

“Vaksin ini cukup aman dan sangat aman, dan sudah disosialisasikan oleh tenaga kesehatan, jadi tidak ada yang perlu dikahawatirkan,” ungkap mantan Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Maluku itu. 

Kapolres  mengharapkan kepada orang tua agar bisa mengarahkan dan mendampingi anak-anaknya untuk divaksin serta mendukung penuh upaya pelaksanaan vaksinasi yang menjadi program prioritas pemerintah ini. 

Terkait marak beredarnya isu-isu hoaks tentang vaksin di kalangan orang tua, Abdul Ghafur menyarankan agar setiap orang tua bisa langsung menanyakan kepada pihak-pihak terkait, antaranya tenaga kesehatan dan kepolisian jika  menemukan informasi-informasi yang tidak benar tentang vaksinasi ini.

 “Orang tua bisa mencari tahu informasi yang valid dari kepolisian atau Dinas Kesehatan bahwa tidak ada masalah dengan vaksin, dan jangan percaya dengan isu-isu hoaks yang mengganggu pelaksanaan vaksin,” tutur Kapolres. 

Semnetara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Masohi, Husnii Soo, dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam kegiatan vaksinasi perdana ini terdapat  sebanyak 50 siswa/siswi di SD Naskat Yos Soedarso 1 Kota Masohi telah divaksin.

“SD Naskat Yos Soedarso merupakan sekolah pertama di kota Masohi yang melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6 – 12 tahun di Kota Masohi,” tutur Husni. 

Ia menambahkan,  vaksinasi Covid-19 untuk anak ini akan dilanjutkan ke beberapa sekolah yang sudah dijadwalkan.

"Sudah ada jadwal untuk kegiatan selanjutnya, menyusul telah dilakukan serangkaian sosialisasi oleh Satgas penanganan Covid-19 Maluku Tengah di beberapa sekolah," tandasnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah, Zahlul Ikhsan mengatakan pihaknya telah menerima sebanyak  20.040 dosis vaksin jenis Sinovac untuk pelaksanaan vaksinasi kepada anak usia 6-11  tahun (*)

Pewarta : Edha Sanaky