Catatan : Novita Irma Diana Magrib, ST. MT. IPM (Dosen Pendamping/Instruktur)

Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan sebagai pengejawantahan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan untuk mempercepat pencapaian  tujuan pembangunan nasional.

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan.

Selanjutnya, mempercepat upaya pengembangan masyarakat yang harmonis serta dinamis sesuai dengan nilai-nilai sosial budaya dan norma-norma dalam kehidupan masyarakat berkembang, mempercepat  usaha pembinaan institusi dan profesi masyarakat sesuai dengan laju modernisasi dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.

Sasaran pengabdian kepada masyarakat adalah, masyarakat luar kampus yang memerlukan bantuan dan petunjuk untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah untuk menunjang pembangunan.

Masyarakat yang  diutamakan adalah mereka yang memiliki kedudukan strategis dalam lapisan masyarakat, yaitu antara lain unsur-unsur pimpinan pemuda atau remaja yang mampu menyebarluaskan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Kemudian adalah masyarakat berpendidikan khusus, yang sesuai dengan prioritas dalam bidang sains, kependudukan dan lingkungan hidup, serta lembaga pendidikan dan lembaga masyarakat yang memerlukan pembinaan dan pengembangan secara khusus.

Dalam kerangka pengabdian tersebut Tahun 2021 ini, UKIM (Universitas Kristen Indonesia Maluku) kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berbentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang salah satu lokasi adalah  kantor kelurahan Waihaong.