BERITABETA.COM, Ambon — Untuk mendorong mutu pendidikan bagi anak-anak di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Komunitas Al-Hujarat Intelektual Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon donasikan ratusan buku dan Al-Qur'an di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Pulau Seram.

Ratusan buku dan Al-qur'an itu diserahkan langsung di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan empat Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di Dusun tersebut, Selasa 28 September 2021.

Pengurus Al-hujurat Intelektual, Pandi Rumra saat dikonfirmasi beritabeta.com, Rabu (29/9/2021) mengungkapkan, dia dan rekan-rekannya bertolak dari Kota Ambon menuju Dusun Laala pada Selasa kemarin.

Saat tiba di Dusun Laala tambah dia sekitar pukul 11.00 WIT. Mereka langsung menuju sekolah dan TPQ yang menjadi sasaran pembagian buku dan Al-Qur'an.

"Kami bertolak dari Ambon pada Selasa pagi, sampai di Dusun Laala itu jam 11.00 WIT, hampir siang. Setelah tiba kami sempat bertemu, berbincang dengan pihak sekolah dan masyarakat dan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami," ungkap Pandi.

Pandi menjelaskan, bermacam-macam buku yang mereka bagikan, termasuk K-13, tematik buku Agama dan buku-buku bacaan umum.

"Serta Al-Qur'an dan buku Iqro. Kita bagikan untuk dua madrasah dan di empat TPQ," kata Pandi.

Soal pendidikan kata mahasiswa IAIN Ambon ini, sebagai anak muda Maluku, kita semua punya tanggungjawab untuk melihat kondisi tersebut.

Dia mengaku, di Provinsi Maluku saat ini masih minim kelas literasi. Sudah begitu kondisi pendidikan juga kurang diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota.

"Untuk Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Provinsi, perlu diingat bahwa perubahan satu daerah itu juga tergantung Pendidikan. Karena maju dan tidaknya tergantung juga dari paradigma berfikir," timpalnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi