BERITABETA.COM, Bula — Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, Idris Rumalutur mengunjungi Desa Sabuai, Kecamatan Siwalalat, Kamis (19/8/2021).

Kunjungan Wabup SBT ini dalam rangka memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir pada 6 Agustus 2021 lalu. Saat tiba di Desa Sabuai, Wabup SBT dan rombongan disambut aksi bisu  puluhan anak dengan kain berang (kain merah) di kepala.

Mereka membawa pamflet bertuliskan "Cabut status tersangka dua warga Sabuai”, “Bela hutan adat, Khaleb dan Stevanus terancam bui”, "Sabuai terendam banjir ulah CV. Sumber Berkat Makmur (SBM)” dan sejumlah pamflet lainnya.

Koordinator aksi, Frans Yamarua kepada beritabeta.com, Kamis malam (19/8/2021) mengatakan, aksi yang diikuti puluhan anak-anak itu sebagai upaya untuk mencari keadilan bagi kedua tersangka yakni Kalep Yamarua dan Stvanus Ahwalam.

Pasalnya, saat ini berkas perkara mereka sudah di meja Kejaksaan Negeri (Kejari) Seram Bagian Timur (SBT), sehingga menunggu dilimpahkan ke Kepangadilan Negeri (PN) Dataran Hunimoa untuk disidangkan.

"Ya anak-anak menyuarakan kepada Pemerintah Daerah Seram Bagian Timur (SBT) agar dapat melihat nasib kedua warga Sabuai (Kaleb Yamarua dan Stevanus Ahwalam). Mereka menyelamatkan hutan adat Kabupaten Seram Bagian Timur yang dirampok dan dirusaki oleh CV. SBM" beber Frans Yamarua

Frans menjelaskan, Kaleb dan Stevanus seharunya mendapat penghargaan dari Negara, pasalnya keduanya telah berjuang menyelamatkan hutan adat di Desa Sabuai, sehingga keduanya harus dilindungi, bukan dihukum.

Untuk itu, dia berharap Pemda SBT dapat merespon persoalan tersebut dengan berkoordinasi dengan institusi hukum agar Kaleb dan Stevanus dibebaskan.

“Kami berharap, melalui aksi ini sekiranya Pemda SBT, dapat merespon persoalan ini dan menyuarakan kepada institusi yang mempunyai kewenangan dalam penegakan hukum terkait status hukum dua pahlawan hutan adat dari Negeri Sabuai" harapnya.

Selain Sabuai, Wabup yang didampingi Kepala Dinas PU SBT Umar Billahmar, Kepala Dinas Koperasi SBT Adam Rumbalifar, Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis dan Kepala Dinas Sosial SBT M. Safri Rumain, ini juga mengunjungi Desa Abuleta, Desa Niwel dan Desa Atiahu Kecamatan Siwalalat (*)

Pewarta : Azis Zubaedi