BERITABETA.COM, Ambon – Wilayah Bebas darik Korupsi (WBK), dan Wilayah Bebas Bersih Melayani atau WBBM terus dikampanyekan di lingkungan Polri. Pembahasan peningkatan status Zona Integritas (ZI) yang digelar Asrena Polri ini turut diikuti Polda Maluku di Kota Ambon melalui teleconference, Jumat, (9/4/2021).

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes didampingi sejumlah Pejabat Utama, dan para Perwira Menengah dari setiap Satuan Kerja (Satker), turut mengikuti pembahasan WBBM, melalui video conference dari Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku.

Asrena Polri Irjen Pol Wahyu Hadiningrat dalam amanatnya menyatakan, tujuan pembangunan ZI Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WBBM untuk efektivitas, efisiensi birokrasi, mengurangi penyimpangan atau anti korupsi, serta dapat meningkatkan pelayanan public.

Wahyu juga memaparkan pencapaian jangka pendek dalam 100 hari kerja Kapolri, yaitu terlaksananya pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di seluruh Satuan Kerja atau Satuan Wilayah.

“Selain itu, terselenggaranya kegiatan mentorship dengan sistim zonanisasi terhadap seluruh satker yang melaksanakan pembangunan ZI, juga terlaksananya penilaian internal, terjalinnya koordinasi dengan Menpan RB berkaitan dengan penilaian dan asistensi pembangunan ZI,” jelasnya.

Ia menyebut indikator 60 hari kerja, meliputi akselerasi kegiatan manajemen perubahan, penataan tatalaksana, dan sistim manajemen SDM. Termasuk, akselerasi kegiatan penguatan akuntabilitas, penguatan kualitas pelayanan publik, dan akselerasi kegiatan inovatif.

"Selain itu juga ada akselerasi implifikasi kegiatan melalui media atau manajemen media," papar dia.

Diketahui untuk tahun ini, terdapat sejumlah Satker pada jajaran Polda Maluku yang mengikuti pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM.

Yaitu; Ditlantas Polda Maluku, Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Polres Pulau Buru, Polres Maluku Tengah, dan Polres Tual. (BB-YP)