BERITABETA.COM, Bula — Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Penyakit kronis ini, masih sulit ditumpas di Indonesia termasuk Maluku, dan khususnya di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kepolisian Resort (Polres) Seram Bagian Timur selaku lembaga penegak hukum milik negara, terus mencoba memerangi atau melawan korupsi.

Untuk memberantas tabiat buruk tersebut, Polres SBT mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, dan wilayah birokrasi yang bersih dalam melayani.

Caranya dilakukan dalam bentuk penandatanganan pencanangan zona integritas yang berlangsung di Aula Parama Satwika Polres SBT, Jumat (23/4/2021).

Kapolres SBT Andre Sukendar menyatakan, untuk mewujudkan zona integritas yang bebas dari korupsi menuju wilayah birokrasi yang bersih melayani, dibutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak di Kabupaten SBT.

"Melalui kesempatan ini kami mohon doa, dukungan agar kami bisa menjalankan zona integritas di wilayah kerja dengan baik," ujar Kapolres SBT Andre Sukendar.

Ia dan pihaknya berharap dengan pencanangan zona integritas ini, Polri menjadi satu wilayah yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme atau KKN.

Dia mengemukakan, Polres SBT terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa tersebut.

"Baik itu bersifat proses pelayanan maupun sarana dan prasarana, kenyamanan dan lain sebagainya," tutur Kapolres.

Sementara itu, Plh. Sekda SBT Jafar Kwairumaratu mewakili Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas menyatakan, pembangunan zona integritas merupakan role model reformasi birokrasi dalam penegakkan integritas dan pelayanan berkulitas.

"Dengan demikian pembangunan zona integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintah" katanya.

Implementasi dan upaya menjalankan road map (peta jalan). reformasi birokrasi secara berkelanjutan dilaksanakan sebagai upaya membangun kepercayaan masyarakat.

Terutama, terhadap kinerja jajaran pemerintahan secara menyeluruh melalui pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Karena itu, Pemkab SBT mendukung sepenuhnya serta menyambut baik pelaksanaan pencanangan zona integritas Polres SBT, sama halnya yang telah dilakukan oleh Kejaksaan Negeri SBT, serta kantor Pertanahan dan Penataan Ruang, beberapa waktu lalu.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas pencanangan zona integritas oleh Polres SBT. Semoga Polres SBT dapat mencapai predikat WBK dan WBBM dalam menerapkan zona integritas di jajaran polres serta diikuti unit kerja di bawahnya,” harap Bupati.

Termasuk, menjadi pendorong untuk lahirnya zona integritas yang baru dalam jajaran pemerintahan di kabupaten SBT.

“Harapan kami, kedepan semua orang bisa mendengar dan menyaksikan SBT bisa lebih maju, berwibawa di atas kepercayaan masyarakat, melalui pelaksanaan grand desain reformasi birokrasi, dan penerapan zona integritas menuju wilayah yang bersih dan bebas KKN,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Djubaid

Editor : Redaksi