BERITABETA.COM, Ambon – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Maluku melakukan aksi pengrusakan terhadap sejumlah fasilitas di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (8/8/2024).

Aksi brutal ini terjadi sekira  pukul 04.45 WIT (dini hari), mengakibatkan sejumlah kaca dan kursi di ruang terminal penumpang II mengalami kerusakan.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, kejadian terjadi terjadi saat poroses embargasi dan debargasi berlangsung. Ada sekelompok mahasiswa yang jumlahnya kurang lebih 50 orang hanya sebagian diantaranya yang mengantongi tiket kapal.

Saat mereka hendak memasuki ruang tunggu penumpang, ada yang tertahan saat dilakukan pengecekan/pemeriksaan tiket oleh petugas PT Pelni.

Mereka kemudian menunjuk seorang perwakilan untuk melakukan koordinasi dengan pihak Pelni. Namun kordinasi itu tidak berjalan mulus, mereka oleh pihak Pelni diminta agar membeli tiket dengan tujuan pelabuhan yang terdekat yaitu pelabuhan Bau-Bau.

Perwakilan dari kelompok mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMII itu kemudian, berusaha menemui Kepala Cabang PT Pelni.

Sekitar pukul 04.35 WIT,  Kepala Cabang PT Pelni Ambon Ilhamda langsung menemui perwakilan dari mahasiswa tersebut. Jawaban yang sama pun disampaikan.

Ilhamda meminta para mahasiswa yang akan berangkat harus membeli tiket karena kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tidak adayang bisa bertanggungjawab.