BERITABETA.COM, Ambon – Arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mulai terjadi di Kota Ambon. Pada  H-7  Lebaran Idil Fitri  PT. Pelni Cabang Ambon mencatat telah terjadi peningkatan jumlah [pemudik] yang naik maupun turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon mencapai 100 persen.

Dari pantauan dilapangan pada Minggu 24 Maret 2022 malam penumpang  KM. Nggapulu yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon memadari area pelabuhan. KM. Nggapulu tiba setelah sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, Makassar dan Bau-bau.

Tercatat ada seribuan penumpang KM. Nggapulu naik dari Pelabuhan Ambon tujuan Pelabuhan Banda Neira, Tual, Dobo, Kaimana dan Fak-Faka. Sedangkan penumpang yang turun di Pelabuhan Ambon sebanyak 365 turun.

Manager Operasional PT. Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff mengatakan, dari data PELNI  Ambon, tercatat telah kenaikan jumlah pemudik yang masuk maupun keluar dari Pelabuhan ini gunakan armada PELNI.

“Ini lantaran armada-armada PELNI  sudah bisa mengangkut 100 persen penumpang sesuai kapasitas angkut. Berbeda dengan dua tahun kemarin, saat kapasitas angkut dibatasi sesuai aturan pemerintah akibat pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Menurut dia, sejauh ini rata-rata kenaikan jumlah penumpang mencapai 100 persen.  Untuk KM.

“KM Nggapulu hari ini saja seribuan penumpang yang naik dari Pelabuhan Ambon, yang turun 365 dan penumpang lanjutan 567, jadi sekitar 1.500an lah, kapal Nggapulu berkapasitas 3.000 penumpang, jadi masih 50 persen dari kapasitas (angkut),"terangnya saat diwawancarai di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Minggu malam (24/4/2022).

Assagaff mengatakan, PT. PELNI akan mengerahkan 9 armada kapal berukuran besar dan 7 armada perintis Sabuk Nusantara.

"Untuk angkutan mudik tahun kita ada tambahan satu kapal yaitu KM. Ciremai, deviasi, jadi semuanya kapal besar itu ada 9 kapal dan kapal perintias ada 7 kapal,"sambungnya.

Selain KM. Nggapulu, aktivitas arus mudik di Pelabuhan Ambon ini juga masih akan berlanjut Senin besok yang mana sesuai jadwalnya dua kapal besar KM. Ciremai dan KM. Leuser akan tiba di Pelabuhan Ambon mengangkut penumpang yang naik dari sejumlah pelabuhan di Papua dan Papua Barat.

Hingga H-7, aktivitas mudik lebaran di Pelabuhan Ambon berjalan aman dan lancar. Apalagi tiket juga tersedia sesuai kapasitas angkut.

"Ini berkat kerjasama semua pihak semua stakeholder yang ada di pelabuhan, (tiket) ketersediaanya cukup karena kita selalu backup, dari pusat juga, dan persyaratan perjalanan juga kita terapkan sesuai aturan pemerintah pusat,"tutupnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala