BERITABETA.COMNovelis kelahiran India, Salman Rushdie jatuh bersimbah darah. Di atas panggung dalam acara yang dihadiri 2.500 orang di New York pada Jumat (12/8) waktu setempat, seorang pria bugar menusuk berkali-kali tubuh Rushdie.

AFP menulis, Rushdie yang berusia 75 tahun terpaksa diterbangkan ke rumah sakit, karena mengalami luka tusuk di sejumlah organ vital. Pelakunya pria bernama Hadi Matar. Siapa dia?

Hadi Matar berusia 24 tahun.  Ia lahir di California dan baru-baru ini pindah ke New Jersey,  NBC New York. Matar ditangkap di tempat kejadian oleh seorang polisi negara bagian setelah digulingkan ke tanah oleh penonton.

Penyelidik FBI mengatakan alamat terakhir Matar terdaftar di Fairview, sebuah wilayah Bergen County tepat di seberang Sungai Hudson dari Manhattan, pada Jumat (12/8/22022) malam.

Ia merupakan warga migran dari Libanon. Wali Kota Yaroun di Lebanon selatan, Ali Tehfe mengatakan Matar merupakan putra seorang pria dari kota itu.

Orang tua tersangka beremigrasi ke Amerika Serikat dan dia lahir dan besar di sana, tambah walikota.

Matar diketahui sempat terdaftar sebagai anggota klub kebugaran di dekat North Bergen.

Rosaria Calabrese, manajer klub kebugaran yang bernama the State of Fitness Boxing Club tersebut mengatakan kepada AP bahwa Matar mendaftarkan diri ke klubnya pada 11 April lalu.

Matar juga disebut sempat mengikuti 27 sesi kelas untuk pemula dengan tujuan meningkatkan kebugaranfisiknya.

Namun beberapa hari lalu, Matar memutuskan berhenti dan membatalkan keanggotaan dirinya dengan alasan bakal pergi dan "tak akan kembali untuk sementara waktu".

Menurut pemilik klub tersebut, Desmond Boyle, dirinya tidak melihat "apapun berkaitan dengan kekerasan" pada diri Matar.

Boyle menggambarkan Matar sebagai "sopan dan pendiam". Bahkan, Boyle menyebut pemuda itu selalu terlihat "sangat sedih" dan menolak upaya orang lain untuk ramah terhadapnya.

Sementara dalam dakwaan jaksa menyebutkan,  serangan Matar itu telah direncanakan dengan melakukan perjalanan dengan bus ke Institusi Chautauqua, tempat peristirahatan pendidikan sekitar 19 km dari tepi Danau Erie.

Matar kemudian, membeli tiket yang memungkinkan dia berbicara dengan Rushdie. Para peserta mengatakan tidak ada pemeriksaan keamanan yang jelas.

Penonton Kathleen Jones mengatakan, penyerang itu berpakaian hitam dengan topeng hitam.