BERITABETA.COM, Namlea – MTQ Tingkat Propinsi Maluku yang akan dilaksanakan di Namlea, Ibukota Kabupaten Buru, diundur sampai tanggal 13 Juni 2019 mendatang.

Kepastian diundurnya waktu pelaksanaan MTQ Propinsi Maluku disampaikan Ketua Panitia MTQ, DR Drs Junaidi Rupilu MSC kepada wartawan, kemarin.”Diundur pada tanggal 13 Juni nanti sampai selesai,”benarkan Rupilu.

Menurut Rupilu, sesuai agenda awal, MTQ Propinsi Maluku dijadwalkan tanggal 21 s/d 29 April nanti. Namun setelah panitia MTQ bersama LPTQ Maluku bertemu dengan PLH Gubernur membahas persiapan pelaksanaan, akhirnya diputuskan ditunda sampai tanggal 13 Juni.

Alasan penundaan, karena Pemkab Buru bersama masyarakat ingin memberikan pelayanan terbaik kepada para kafilah yang akan datang ke kota Namlea.

Selain itu, arena MTQ yang akan menjadi titik fokus kegiatan masih belum selesai dibangun. Target akan dimanfaatkan lokasi tersebut pada bulan April tidak dapat dikejar. Hanya Rupilu enggan membahas proyek MTQ itu, karena pekerjaan fisiknya bukan tanggungjawab panitia MTQ.

Menyinggung lebih jauh kesiapan panitia, kata Rupilu, sokongan dana terbesar bersumber dari APBD II Buru.Pendanaan sebanyak Rp.14 milyar.

Sedangkan kontribusi pemerintah propinsi terbilang sangat kecil, hanya senilai Rp.1 milyar.

Rupilu berharap, ke depan gawe propinsi yang dilaksanakan secara bergilir di kabupaten/kota di Maluku  agar mendapat porsi dana yang memadai pula dari pemprop.”Jangan kabupaten/kota yang dibebani tanggungan besar, padahal ini gawe propinsi,”harap Rupilu.(BB-DIO)