BERITABETA.COM – Putra dan putri Amien Rais dipastikan lolos menjadi wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN).  PAN DI Yogyakarta menyampaikan optimistis itu.

Ketua DPW PAN DIY, Nazaruddin, mengatakan hasil hitung internal menyatakan putra dan putri Amien Rais lolos menjadi anggota legislatif.

Untuk Hanum Salsabiela Rais, perolehan suaranya diperkirakan juga sudah aman untuk melenggang ke DPRD DIY pada Pemilu kali ini. “Mbak Hanum perhitungannya sudah dapat 20 ribu suara, kalau angka segitu ya insyaallah lolos (ke DPRD DIY), belum caleg-caleg yang lain,” ujar Nazaruddin, Jumat (26/4/2019).

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DIY, Tutiek Masria Widyo memastikan semua putra putri Amien Rais lolos menjadi anggota DPRD DIY dan DPR RI. “Iya semuanya lolos, alhamdullilah semua putra-putri Pak Amien lolos,” ujar Tutiek Masria.

Dari empat putra dan putri Amien Rais, hanya Hanafi Rais yang berpengalaman sebagai anggota DPR RI. Nazaruddin mengaku dengan perolehan suara 13-15 persen, putra sulung Amien Rais tetap mempertahankan satu kursi PAN dapil DI Yogyakarta untuk DPR RI, diperkirakan meraup 120-150 ribu suara.

Nama putra-putri Amien Rais yang lolos yaitu Ahmad Hanafi Rais (caleg petahana DPR RI dapil DIY), Hanum Salsabiela Rais (caleg DPRD DIY dapil Sleman), Ahmad Mumtaz Rais      (caleg DPR RI dapil Jawa Tengah), dan Ahmad Baihaqy Rais (caleg DPRD DIY dapil Kulon Progo).

Namun, keseluruhan perolehan suara PAN DIY di Pemilu 2019 ini mengalami penurunan. Sekretaris DPW  PAN DIY, Tutiek Masria menyatakan partainya sedang dalam keadaan prihatin.

“Kami semua masih prihatin mbak, ini belum final. Minta doanya karena sepertinya suara PAN secara kesuluruhan mengalami penurunan,” ujarnya. Tutiek menyebutkan imbas dari penurunan suara yang diperoleh PAN, diprediksi 8 kursi anggota dewan DIY turun menjadi 7 kursi. (BB-IDN)