Deklarasi Partai Ummat. Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official
Deklarasi Partai Ummat. Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official

BERITABETA.COM, Yogyakarta – Partai Ummat, partai baru bentukan Amien Rais resmi dideklarasikan di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). Deklarasi dilakukan secara virtual melalui kanal Youtube Amien Rais Official pukul 13.00 WIB.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader, dan anggota Partai Ummat pada 17 Ramadhan 1442 Hijriyah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi, bismillahirrahmanirrahim saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais yang merupakan ketua Majelis Syuro Partai Ummat tersebut.

Mantan ketua MPR RI ini dalam pidato politiknya menyatakan bersedia untuk bekerja melawan kezaliman di Indonesia dan juga Partai Ummat bersedia berkorban untuk menegakkan keadilan.

"Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya insya Allah akan berjuang dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujarnya.

Amien Rais menegaskan, perlu adanya kesabaran, ketekunan, dan ketangguhan dari seluruh kader partai untuk dapat mewujudkan hal tersebut.

Dirinya menyakini seluruh mekanisme demokrasi  dan konstitusi  lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dan kehidupan nasional.

Sekretaris Majelis Syuro Partai Ummat, Ansufri Idrus Sambo, memaparkan pengurus inti Majelis Syuro Partai Ummat. Posisi Wakil Ketua I dijabat MS Kaban, Wakil Ketua II Thalib Sagaf Aldjufri, dan Sekretaris Majelis Syuro Partai Umat dijabat Ansufri Idrus Sambo. Kemudian, jabatan Ketua Umum Partai Ummat diisi oleh menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi.

Semnetara itu, Sekretaris Jenderal Ahmad Muhajir Sodruddin, Bendahara Umum Benny Suharto, Wakil Ketua Umum I Agung Mozin, Wakil Ketua Umum II Sugeng, Wakil Ketua Umum II Chandra Tirta Wijaya.

Dalam deklarasi itu, 99 orang pendiri Partai Ummat dari 34 provinsi hadir. Selain Amien Rais, nampak beberapa tokoh hadir mulai dari Neno Warisman, hingga Ansufri Idrus Sambo. Selain dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, deklarasi juga dibuka dengan pembacaan Pancasila (BB-RED)