BERITABETA.COM, Masohi – Partai Ummat menjadi satu-satunya Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteg) yang mengusung semua bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) adalah perempuan.

Pendaftaran 100 persen bacaleg perempuan ini dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Ummat,  Maluku Tengah, pada Minggu (14/5/2023).

Tercatat, dari enam Daerah Pemilihan (Dapil) di Maluku Tengah, partai besutan Amin Rais itu mengajukan semua bacalegnya perempuan.

Usai menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU Maluku Tengah, Ketua DPD,  Pahdi Tuanany kepada wartawan menjelaskan, keterwakilan perempuan memang menjadi prioritas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yakni di atas 40 persen.

"Memang kami  Partai Ummat secara keseluruhan memang arahan dari DPP itu kalau bisa ada keterwakilan perempuan itu di atas 40 persen," kata Tuanany.

Komposisi perempuan memiliki kekuatan kerja lapangan yang tidak bisa diapndang sepele, karena itu partainya membuka ruang bagi kaum perempuan untuk berkontraksi full pada Pileg 2024.

"Partai ummat memberikan ruang wajib khusus untuk kepada perempuan ini. Selama ini kita lihat partai partai yang lain ini lebih condong kalau kita lihat kuota 30 persen, tujuh laki-laki tiganya perempuan," tuturnya.

Ketua KPU  Maluku Tengah Abdussamad Ningkeula mengatakan, berdasarkan regulasi yang ada, berkas partai ummat tetap diterima karena memenuhi unsur keterwakilan perempuan 30 persen.

"Sah sah saja biar semua perempuan. Karena regulasi tidak melarang itu. Yang penting terpenuhi unsur keterwakilan 30 persen perempuan," tutupnya (*)

Editor : Redaksi