BERITABETA.COM, Ambon – Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon melakukan peninjauan dan mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 - 11 tahun di Kota Ambon.

Vaksinasi massal kepada anak ini digelar  di SD Xaverius dan SD Kartika Ambon, Selasa (11/01/2022).

Dalam kesempatan itu Pangdam Pattimura berkesempatan  menyapa anak-anak yang didampingi orang tuanya  dengan senyum dan menyemangati para anak tidak takut disuntik.

"Saya menghimbau kepada para orang tua murid yang putra putrinya belum melaksanakan vaksinasi, agar segera  divaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran yang berlaku" kata Pangdam disela- sela acara.

Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan vaksin khusus untuk anak ini dilakukan untuk menciptakan herd immunity di lingkungan sekolah dan keluarga.

“Saya lihat pelaksanaannya tertib. Anak- anak ini juga luar biasa tertib dan bersemangat. Sejauh ini dari  anak yang sudah divaksin,  tidak ada persoalan, mereka tidak ada keluhan, sehat dan happy," akui Pangdam.

Dikatakan, pencapaian vaksinasi secara kuantitas [jumlah] yang divaksin sudah memenuhi syarat dan target. Secara kualitas, pentahapan pelaksanaan vaksinasi sudah sesuai prosedur dan skema yang dibuat, mulai dari tahap screening,  kemudian di cek tensi darah.

"Apabila sudah divaksin satu sekolah, baru boleh melakukan pembelajaran tatap muka" imbuh Pangdam.

Vaksinasi untuk anak ini secara serentak dilaksanakan di seluruh kota Ambon mulai hari ini sampai dengan hari Jumat nanti. Rencananya 2 hari dilaksanakan di sekolah dasar- sekolah dasar, dan 2 hari mulai Kamis dan Jumat dilaksanakan terpusat di Lapangan Merdeka Ambon.

Pelaksanaan vaksinasi Covid di SD Kartika dengan target sebanyak 200 anak,  dan SD Xaverius sebanyak 1000 anak dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Jumlah tenaga kesehatan dan tenaga  pendukung yang terlibat kegiatan vaksin anak ini pun mencapai 51 orang, baik dari Kesdam XVI/Pattimura maupun Dinas Kesehatan Kota dan Puskesmas setempat.

Pewarta : Febby Sahupala