BERITABETA.COM, Saumlaki - Pemuda Katolik di Kabupaten Kepulauan Tanimbar [KKT] menyatakan kesiapan mengawal pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran [MTQ] Provinsi Maluku yang akan digelar di Saumlaki, pada 18 Maret 2022 mendatang.

Kesiapan ini disampaikan Sekretaris Pemuda Katolik Komisariat Cabang KKT Lukas Metintemwat kepada beritabeta.com di Saumlaki, Minggu (13/3/2022).

”Prinsipnya kami pemuda Katolik  siap mendukung penuh  kegiatan  MTQ ini.  Sampai saat ini tidak ada kendala, semua komponen masyarakat di KKT siap menyambut MTQ Tingkat Provinsi Maluku," pungkasnya.

Lukas mengatakan, komitmen menjaga dan mengawal pelaksanaan MTQ ini juga telah ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 21 Miliar. Dan DPRD dan seluruh komponen di daerah itu sudah siap menggelar MTQ. 

Menurutnya, pelaksanaan MTQ kali ini bukan persoalan tempatnya. KKT memang  mayoritas penduduknya beragama Kristen, namun  MTQ menjadi barometer kehidupan beragama di daerah ini.

"Ini menjadi implementasi bhineka Tunggal Ika yang harus dijalankan sebagai warga negara. Dan dalam ajaran agama apapun tetap mengajarkan tentang tolernsi. Jadi MTQ di KKT ini merupakan bentuk ke-Malukuan yang sejati dan kebihinekaan," pungkasnya.

Lukas mengajak seluruh masyarakat di KKT untuk terus memberikan dukungan dan doa agar pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Tahun 2022 dapat berjalanan dengan baik.

“Saat ini kita masih dalam masa pandemi, tetapi program  dalam persiapan menyambut MTQ Tingkat Provinsi Maluku ini harus tetap berjalan," kata dia. 

Sebagai bentuk kewaspadaan, Lukas juga mengajak  seluruh komponen  masyarakat untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti anjuran pemerintah dalam beraktivitas.

“Kita patut menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga bedoa untuk keselamatan bangsa Indonesia. Hal ini  hendaknya terus dilakukan,” ujarnya (*)

Pewarta : Sumitro