BERITABETA.COM, Ambon - Imanuel Alfed Souhaly, terpilih sebagai Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia atau IJTI Pengurus Daerah (Pengda) Maluku masa bakti 2022-2026.

Kepala Biro Kompas TV Ambon ini terpilih menjadi Ketua IJTI Maluku setelah mendulang 11 suara. Sedangkan pesaingnya, Christ Belseran, Kontributor TV One Ambon hanya mengantongi 8 suara, dari total 24 anggota yang memiliki hak suara penuh pada Musyarawah Daerah atau Musda IJTI Maluku ke-III yang berlangsing di Hotel The City Ambon Sabtu, (12/03/2022).

Forum Musda ke-III ini memandatkan Noel [sapaan akrab Imanuel Alfed Souhaly] menggantikan Juhry Sarmanery, Ketua IJTI Pengda Maluku dua periode [demisioner].  

Usai terpilih, Noel dan pengurusnya langsung dilantik oleh Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Nomor: 003/SK/Int/IJTI/III/2022.

Noel mengemukakan, gelaran Musda telah selesai, sebaliknya kontestasi pun sudah berakhir. Saatnya merangkul semua anggota IJTI Pengda Maluku guna bersama memajukan organisasi profesi ini kedepan.

“Perbedaan dalam setiap kontestasi itu hal yang lumrah. Setelah [Musda], kita harus melebur dan cair demi memajukan organisasi profesi ini agar lebih baik lagi,” ujar Noel di Ambon Minggu, (13/03/2022).

Noel menandaskan sesuai visi misi, dirinya siap menjadikan IJTI Maluku sebagai wadah sekaligus rumah bersama tanpa memandang “perbedaan”.

Hal tersebut, lanjut dia, dapat di lihat dari posisi-posisi strategis dalam struktur Kepengurusan IJTI Maluku saat ini diisi oleh para senior dan junior, notabenenya adalah jurnalis dari beragam media televisi.

“Setelah saya bicara, langsung saya melakukan [kerjakan]. Saya yakin dengan komposisi kepengurusan ini, dapat membawa IJTI Maluku lebih baik lagi, tentunya dengan beragam tangan,” tukas Noel.

Sementara itu, Sekretaris IJTI Pengda Maluku M Jaya Barends mengatakan, dalam waktu dekat ini pengurus yang baru akan menggelar rapat kerja.

Tujuannya, menurut Jaya, hal tersebut dilakukan untuk mendistribusikan gagasan dari visi-misi Ketua IJTI Pengda Maluku di masing-masing bidang.

“IJTI Pengda Maluku kepengurusan saat ini salah satu program prioritasnya adalah tetap mengkampanyekan kemerdekaan pers,” tandasnya.

Ini Susunan Pengurus Pengda IJTI Maluku Periode 2022 – 2026;

Ketua: Imanuel Alfred Souhaly. Wakil Ketua I, Bachtiar Heluth, Wakil Ketua II, Kurniawan Soewarno. Sekretaris, Muhammad Jaya Barends. Wakil Sekretaris, Erdi Rizal Tualepe. Bendahara, Frida Rayman.

Koordinator Bidang Organisasi, Hamja Tomia. Koordinator Bidang Hukum dan Advokasi, Pani Letahiit, Koordinator Bidang Kesejahteraan, Christine Sipahelut. Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga, Said Hatala.

Bidang Multimedia dan documenter, Muhammat Sanaky. Bidang Kesekertariatan, Edison Waas. Bidang Kepemudaan dan Olahraga, Muhammad Yahya Latin.  (BB)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy