BERITABETA.COM, Ambon - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Maluku bekerjasama dengan Lantamal IX Ambon menggelar vaksinasi anggota dan sejumlah jurnalis media online, Jumat (29/04/2022).

Vaksinasi ini diadakan di atas Kapal Angkatan Laut Panana, sambil mengelingi perairan Teluk Ambon. Kemudian dirangkai buka puasa bersama, yang dihadiri Brigjen TNI Marinir Said Latuconsina di dekat dermaga Irian Lantamal IX Ambon.

Said mengatakan, vaksinasi yang dirangkai buka puasa bersama ini, bagian dari upaya menjalin silaturahmi agar lebih akrab lagi dengan para jurnalis. Alasannya, jurnalis merupakan mitra stratagis bagi Lantamal IX Ambon.

Said berharap, kerjasama baik ini tidak hanya sebatas vaksinasi saja, tetapi ada kerjasama lanjutan lainnya yang saling mendukung sesuai dengan tugas-tugas masing-masing.

“Kami berharap ada kerja sama lagi. Meski tanpa sadar, kerjasama terus dilakukan dengan para jurnalis. Jurnalis, ikut membantu mempublikasi berbagai kegiatan Lantamal IX Ambon, selama ini,” ujarnya.

Menurut Said, berbagai kegiatan positif dari Lantamal IX Ambon jika dilihat telah telah terekspos dengan baik di media. Baik itu kegiatan vaksinasi yang semantara dilakukan maupun kegiatan lainnya.

Hal tersebut, tak terlepas hubungan baik yang selama ini dijalin Lantamal IX Ambon dengan para jurnalis di Kota Ambon, Maluku.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari para jurnalis, karena sudah memberitakan berbagai kegiatan dengan baik,” ucap Said.

Dampaknya, kata dia, pelbagai kegiatan yang dilakukan Lantamal IX Ambon, seperti vaksinasi tak hanya diketahui masyarakat di Maluku, namun di luar Maluku juga.

Dalam massa pagebluk, Lantamal IX Ambon gencar melakukan vaksinasi kepada warga. Terkini, tim vaksinator dari Rumah Sakit AL dr FX Suhardjo Ambon vaksinasi para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman di sejumlah dermaga di Pulau Ambon. Tercatat sudah ribuan orang yang divaksinasi.

Olehnya itu, lanjut dia, hubungan baik ini harus terus dijaga dan lebih ditingkatkan lagi. Melalui momentum vaksinasi jurnalis dan buka puasa bersama merupakan upaya merawat silaturahmi.

Sementara itu, Ketua IJTI Pengda Maluku, Imanuel Alfres Souhaly mengatakan, di masa pandemi, vaksinasi adalah obat ‘mujarab’ agar jurnalis tidak terpapar virus corona. Dengan demikian kata dia, dalam vaksinasi ini selain anggota IJTI juga melibatkan jurnalis media online.

“Mobilitas jurnalis sangat tinggi, sehingga vaksinasi perlu agar jurnalis tak terpapar corona,” jelasnya.

Para Jurnalis dan Lantamal Ambon saat berbuka puasa bersama.
Para Jurnalis dan Lantamal Ambon saat buka puasa bersama.

Dia menjelaskan, jurnalis yang mengikuti vaksinasi mayoritas disuntik vaksin dosis ketiga atau booster.

Ia berharap, kedepan ada kerjasama strategis lainnya dengan Lantamal IX Ambon, terutama peningkatan kapasitas kehumasan akan dilakukan.

”Kita akan menjalani kerjasama, terutama terkait dengan kehumasan,” tukasnya.   (BB)

 

Editor : Redaksi