BERITABETA.COM, Ambon -  General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula dan jajarannya melakukan supervisi di posko kantor penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), Selasa (13/2/2024).

Supervisi dilakukan dengan mengunjungi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik di tingkat Kota Ambon maupun Provinsi Maluku.

Awat menuturkan, kunjungan itu dalam rangka memantau langsung kesiapsiagaan personel dan sistem kelistrikan sebelum digelarnya pesta demokrasi Pemilu 2024 pada Kamis, 14 Februari.

"Kami betul-betul ingin memastikan Pemilu serentak ini berjalan lancar, dengan menyediakan sistem kelistrikan yang memadai," katatutur Awat.

PLN UIW MMU membangun posko siaga Pemilu di empat titik kantor penyelenggara tersebut. Setelah melakukan pengecekan pasokan listrik yang berada di Kantor Bawaslu Kota Ambon dan Provinsi Maluku, serta KPU Kota Ambon dan Provinsi Maluku, Awat memastikan semuanya dalam kondisi aman.

"Kami cek semua, termasuk peralatan backup, personel juga dalam kondisi prima. Ini semua kami harus pastikan secara rutin semua hal yang berkaitan dengan suplai kelistrikan. Ini tanggung jawab kami, ini dedikasi kami, karena besok adalah hari penentuan sejarah baru bagi Indonesia, sehingga PLN harus mengambil bagian penting dalam momentum tersebut dengan menyediakan listrik yang mumpuni," aku Awat.

Adapun posko siaga ini dibangun untuk mengantisipasi jika dalam proses pemungutan hingga penghitungan suara terjadi gangguan, maka peralatan backup ini akan dioptimalkan.

Semuanya sudah terbagi dan terpetakan melalui perencanaan yang matang sehingga pasokan listrik dipastikan berjalan dengan aman dan andal. Masing-masing posko telah terbagi dengan peralatan maupun perencanaan backupnya.