BERITABETA.COM, Ambon  – Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Soedarso [KPYS] berhasil menyita sebanyak 5,1 ton atau 5.136 liter  minyak goreng dengan berbagai merek yang hendak diseludupkan beberapa distributor nakal ke Makassar, Sulawesi Selatan dan Bau–bau, Sulawesi Tenggara.

Penyitaan ribuan liter minyak goreng ini, dipimpin langsung Kapolsek KPYS, Iptu Burhanuddin Surya Muhammad, Kamis siang (17/3/2022).

Dari informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, rencananya 5,1 ton minyak goreng yang dikemas dalam puluhan karung ini akan diseludupkan dengan menggunakan armada kapal laut.

“Kita mencurigai ada barang yang diangkut, saat melakukan razia terhadap seluruh barang bawaan penumpang yang turun maupun penumpang naik yang menggunakan KM Tidar,” kata Iptu Burhanudin.

Ia mengaku, dari kecurigaan itu akhirnya membuat pihaknya langsung melakukan penggeledahan dan hasilnya menemukan 5.1 ton minyak goreng yang siap diseludupkan.

Rinciannya, minyak goreng yang akan di kirim ke Bau-bau, dan Makassar yang dikemas dalam karung dan karton berisi 48 liter. Dalam karung sebanyak 107 koli dengan total seluruhnya sebanyak 5.136 liter, atau sekitar 5.1 ton.

Mantan Kapolsek Teluk Ambon ini menegaskan, tak hanya barang bukti melainkan juga pemilik dari 5.1 ton minyak goreng berbagai jenis itu berhasil diungkap.

“Pelaku itu yakni, ibu R barangnya sebanyak 19 koli. L Barangnya sebanyak 15 koli. Ibu W, sebanyak 5 koli, bapak L, sebanyak 6 koli. Ibu haji A sebanyak 10 koli. Bapak LM, sebanyak 37 koli, dan bapak S, sebanyak 10 koli, serta bapak L.S, sebanyak 5 koli, ” bebernya.

Usai diperiksa seluruh barang tersebut bersama pemiliknya langsung diamankan ke Mapolsek KPYS.

“Mereka akan diserahkan ke Satuan Reskrim Polresta Ambon,” tutupnya (*)

Editor : Redaksi