BERITABETA.COM, Saumlaki – Denny Darling Refualu, S.Pd, politisi Partai Demokrat asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) didaulat sebagai Anggota Legislatif  (Aleg) terbaik se- Indonesia.

Denny mendapat penghargaan dari Indonesia Most Inspiring Professional Legislator Awards sebagai sala satu anggota DPRD terbaik se- Indonesia Tahun 2020-2021.

Pengharagaan itu diserahkan oleh Rafanara Paramudya sebagai Vice Chairman Indonesia Magazine di Hotel Mercure, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat malam 18 September 2020.

Denny Darling, merupakan salah satu anggota legislatif di DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Ia berhasil mengukir sejarah di dunia legislatif, sebagai politisi perempuan asal Tanimbar yang sukses sejak kabupaten ini dibentuk.

“Ini menjadi kebanggaan tersediri bagi kami dan bagi masyarakat kabupaten yang berjuluk Duan Lolat ini,” ungkapnya kepada beritabeta.com.

Pengharagaan yang diterima Denny ikut diapresiasi satu satu masyarakat Desa Latdalam,  Agabus Dasfordate.

Kepada media ini, Agabus menyampaikan rasa syukurnya dan mewakili masyarakat desa Latdalam yang ikut merasa bangga karena salah satu srikandi dari desa mereka, mendapat penghargaan bergensi itu.

“Mungkin ini baru pertama kali terjadi di kabupaten. Dan ibu DDR pantas dan layak mendapatkan penghargaan tersebut. Selama ini baru saya temukan ada anggota DPRD yang mau menyumbangkan semua gajinya hanya untuk di untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

“Saya baru temukan hal ini pada diri ibu DDR, beda dengan anggota DPRD yang lain, sebelum calon janji mereka banyak sekali, tapi kalau sudah lolos maka suda lain ceritanya,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan Magdalena Fatruan. Ibu rumah tangga ini mengaku bangga sebagai perempuan Tanimbar karena keberadaan DDR (saapaan akrab Denny) sebagai anggota DPRD cukup banyak membantu.

“Beliau baru saja kemarin membantu masyarakat di Desa Latdalam, memberikan bantuan tegel dan semen untuk membangun rumah warga yang kurang mampu, dan kami dengar mungkin hari Rabu besok ini,  DDR akan memberikan bantuan juga untuk masyarakat di desa Arui, Kecamatan Wear Tamrian, dan bantuan itu semua berasal dari gajinya,” cetus Magdalena.

Ia memgaku, sangat muliah hati DDR, dirinya juga merasa bangga karena bisa mengenal sosok politisi hebat itu.

Ibu dari 4 anak ini berharap semoga DDR selalu dan senantiasa menjadi berkat untuk masyarakat, serta bagi para wakil rakyat yang ada di daerah Tanimbar.

“Kita harap beliau bisa menjadi contoh bagi orang lain. Semua harus belajar dari ibu Denny Darling Refualu ini,” harapnya.

Politisi kelahiran Desa  Latdalam,  Kecamatan Tanimbar Selatan, 26 Juni 1982  ini,  setiap bulan wara wiri mengatarkan sejumlah sumbangan baik berupa sembako dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat dari hasil gajinya setiap bulan.

Deni mengaku puas, lantaran janjinya untuk membantu masyarakat di dapil satu itu sudah berjalan selama setahun ini. Ditanyai apakah semua gajinya dipakai untuk disumbangkan kepada konstituen yang memilihnya? Deni dengan santai menjawab bahwa komitmennya sudah demikian.

“Sebelum saya sumbangkan, saya sudah komunikasikan dengan suami saya. Kami berdua sepakat. Setiap bulan gaji yang saya terima semuanya disumbangkan untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkannya,” ungkapnya.

Menurut Deni, semua apa yang dilakukan saat ini sudah menjadi najar yang diniatkan sebelum terpilih sebagai anggota Dewan. Atas apa yang dilakukan ini, perempuan 38 tahun ini mangaku tidak merasa kurang karena harus menghambiskan gaji yang diperoleh setiap bulan untuk membantu masyarakat.

“Mereka berhak menerima itu semua apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Masyarakat banyak membutuhkan uluran tangan kita.  Jadi apa yang selama saya dan suami saya lakukan adalah semata mata demi pengapdian kami,” kata Deni (BB-SL)