Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi dan Forum Koordinasi Pimpinan kecamatan Foto Bersama di Posko Pelatihan UKM di RT 05
Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi dan Forum Koordinasi Pimpinan kecamatan Foto Bersama di Posko Pelatihan UKM di RT 05

BERITABETA.COM, Masohi – Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masa pandemic Covid-19, Polsek Kota Masohi  dan Pemerintah Kecamatan setempat mencanangkan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Ina Marina di RT 05 Kelurahan Ampera Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolres Maluku Tengah AKBP. Rositah Umasugi saat membuka pencanangan KTN  tersebut menyatakan, KTN merupakan program yang dicanangkan oleh Kapolri bersama Panglima TNI untuk menjaga ketersediaan dan ketahanan pangan di masa pandemic Covid-19. Seluruh kelurahan dan RT diharapkan bisa menjadi Kampung Tangguh Nusantara.

“Diharapkan seluruh kelurahan yang lain bisa membuat kampung tangguh di kelurahannya masing-masing, mendorong masyarakat untuk menjadi Tangguh. Tujuan pembuatan Kampung Tangguh karena situasi pandemic Covid yang kita tidak tahu kapan berakhirnya,”tutur Kapolres.

Ia menjelaskan, program KTN tidak hanya mencakup satu aspek yaitu ketahanan pangan saja, tetapi yang paling diprioritaskan adalah bagaimana kepatuhan warga masyarakat untuk tetap mematuhi protocol Kesehatan dengan terus dan tetap menerapkan 4M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.

“Ketahanan pangan dalam program KTN juga dimaksudkan sebagai kemampuan masyarakat untuk tetap bertahan dalam masa pandemic dimana masyarakat mampu menyediakan pangan bagi keluarganya, produktif serta mampu mengoptimalkan sumber-sumber daya alam untuk memenuhi ketersediaan pangan,” kata Kapolres.

Sementara itu, Camat Kota Masohi, Wahda, mengatakan walaupun KTN merupakan program sinergi TNI Polri, tetapi masyarakat harus terus dimotivasi untuk tetap tangguh dalam memghadapi Covid.

Masyarakat, kata dia, harus terus didorong untuk berinovasi kreatif sehingga bisa tangguh dalam segala aspek, baik aspek kesehatan, ekonomi, ketahanan pangan dengan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai kebersamaan sagu yaitu Sehat, Aman, Gotong Royong dan Unggul.

“Pemilihan RT 05 Kelurahan Ampera sebagai pilot project oleh pihak Polsek Kota karena RT 05 merupakan kawasan wajib masker, mengingat RT 05 Kelurahan Ampera merupakan pintu masuk Pelabuhan Fery serta adanya Kawasan kuliner Dulang Patita yang menyebabkan tingginya aktifitas masyarakat di Kawasan tersebut,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini Kapolres beserta Forum Koordinasi Pimpinan kecamatan juga mengunjungi Posko Pelatihan UKM di RT 05, dimana (posko tersebut) para ibu dilatih untuk mendaur ulang sampah plastic menjadi kerajinan tas serta pembuatan ikan abon. Kunjungan berakhir di kebun percontohan ketahanan pangan di Polsek Kota Masohi.

Hadir dalam acara pencanangan KTN tersebut Kapolres Maluku Tengah AKBP Rosita Umasugi, Kapolsek Kota Masohi Ipda Kasim Rahanyamtel, Camat Kota Masohi Ny. Wahda, S.STP., MAP., Danramil Kapten Inf. Efendi Selayar, Kepala Kelurahan Ampera Wahid Latarissa serta perwakilan masyarakat Kelurahan Ampera. (BB-ES)