BERITABETA.COM, Masohi - Kepolisian Sektor atau Polsek Amahai, jajaran Polres Maluku Tengah, mencanangkan Dusun Waitetes Negeri Makariki Kecamatan Amahai menjadi Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Nusa Ina. Pencanangan ini dilakukan pada Jumat (26/03/2021).

Kapolsek Amahai Iptu Irwan menyatakan, pencanangan KTN merupakan program 100 hari Kapolri dalam memberdayakan seluruh sumber daya  masyarakat di masa pandemic Covid-19 ini. Program ini juga merupakan kolaborasi Polri – TNI yang dapat memberikan edukasi dan motivasi dalam menjaga stabilitas pangan saat pandemic.

Irwan menjelaskan selain menjaga stabilitas pangan, Polri – TNI juga merupakan garda terdepan yang bersama-sama dengan masyarakat bersinergitas menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas).

“Dusun Waitetes Negeri Makariki ini dipilih sebagai tempat pencanangan KTN sudah melalui koordinasi dengan Kepala Pemerintahan Negeri,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, Dusun Waitetes memiliki kriteria-kriteria dari sector pertanian sebagai model KTN Nusa Ina.

Dia mengapresiasi kerja keras dan kreatifitas masyarakat Dusun Waitetes ini dalam usahanya membentuk kelompok tani yang memanfaatkan lahan kosong guna memenuhi kebutuhan ekonomi, dan mendorong ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, kata Irwan, kepatuhan warga masyarakat terhadap protocol kesehatan harus terus di tingkatkan yaitu dengan  tetap menerapkan 4M yaitu; Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.

Kepala Dusun Waitetes Negeri Makariki, Piet Siahaya juga mengapresiasi pihak Polri dan TNI yang telah memilih Dusun Waitetes sebagai contoh Kampung Tangguh Nusantara Nusa Ina di Negeri Makariki.

Siahaya mengatakan, KTN Nusa Ina sebagai bentuk sinergitas, kebersamaan di antara pemerintah daerah dan TNI/Polri dalam mewujudkan kegotongroyongan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Harapan saya selaku Kepala Dusun, semoga dengan adanya pencanangan KTN Nusa Ina ini dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat khususnya di Dusun Waitetes, agar tetap bertahan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19,”tutur Siahaya.

Kegiatan diakhiri dengan melakukan peninjauan bersama ke lokasi kebun ketahanan pangan dan peternakan pada Dusun Waitetes.

Turut hadir Babinsa Negeri Makariki Serda Irwan, Bahbinkamtibmas Negeri Makariki Brigpol Ferdinan Titihalawa, Personil Polsek Amahai, serta tokoh dan masyarakat Dusun Waitetes Negeri Makariki. (BB-ES)