Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Refdi Andri, M.Si. didampingi Kapolres Maluku Tengah AKBP Rosita Umasugi dan Bupati Tuasikal Abua saat saat mengukuhkan Polsek Teluti, Selasa (06/04/2021).
Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Refdi Andri, M.Si. didampingi Kapolres Maluku Tengah AKBP Rosita Umasugi dan Bupati Tuasikal Abua saat saat mengukuhkan Polsek Teluti, Selasa (06/04/2021).

BERITABETA.COM, Masohi – Kapolda Maluku Irjen Polisi Drs. Refdi Andri, M.Si. melakukan serangkaian kegiatan saat berkunjung ke Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Selasa (06/04/2021).

Di wilayah hukum Polres Malteng ini Kapolda Maluku menjalani tiga rangkaian kegiatan sekaligus antara mengukuhkan Polsek Telutih, Peresmian Gedung  Presisi dan me-launching Aplikasi ‘Nusa Ina’.

Dalam kesempatan itu, mantan DanKor Lantas Mabes Polri ini mengatakan, pengukuhan Polsek Telutih, peresmian Gedung Presisi dan launching Aplikasi “Nusa Ini”, merupakan wujud nyata dari komitmen Polri, khususnya Polda Maluku, terkhusus Polres Maluku Tengah, untuk melakukan transformasi menuju Polri yang presisi.

Menurutnya, pengukuhan Polsek Telutih ini telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan, untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaratan. Antaranya,  meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan Kamtibmas serta kecenderungannya.

“Kesiapan jumlah personel riil, serta dukungan dari masyarakat dan pemerintahan daerah setempat juga menjadi syarat,”ungkap Kapolda.

Dikatakan, pimpinan Polri  terus berupaya untuk melakukan perubahan yang fundamental di tubuh Polri. Hal itu dilakukan melalui penetapan 16 program prioritas Kapolri, dalam melakukan transformasi menuju Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

Selain itu, kata Kapolda, juga  bertujuan untuk menata kelembagaan, melakukan perubahan pada sistem dan metode organisasi serta teknologi kepolisian modern yang meliputi, peningaktan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0.

Kemudian, peningkatan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, peningkatan kinerja, penegakan hukum, pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi nasional.