Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon saat melantik 17 Kades di di Gedung Kesenian Saumlaki, Ibukota Kabupaten KKT, Selasa (06/04/2021).
Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon saat melantik 17 Kades di di Gedung Kesenian Saumlaki, Ibukota Kabupaten KKT, Selasa (06/04/2021).

BERITABETA.COM, Saumlaki – Sedikitnya 17 kepala desa terpilih periode 2021 - 2027 hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 ini dilantik oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Petrus Fatlolon, di Gedung Kesenian Saumlaki, Ibukota Kabupaten KKT, Selasa (06/04/2021).

Bupati dalam sambutannya menitipkan beberapa pesan penting kepada para kades yang baru dilantinya itu. Ia mengemukakan, pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji jabatan merupakan wujud dari demokrasi yang dilaksanakan pada desa masing-masing. Dimana pilkades secara langsung telah menghasilkan kepala desa definitif.

“Di pundak anda (kades) ada harapan besar untuk mensejahterakan rakyat di desa. Dan ini merupakan harapan besar sekaligus berat yang dipercayakan masyarakat kepada kalian,” tandas Bupati.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di desa, Bupati mengingatkan para kades untuk melibatkan semua pihak mulai tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan masyarakat.

“Dengan pelantikan hari ini menandakan pelaksanaan Pilkades telah berakhir. Untuk itu segala perbedaan harus disatukan,” anjurnya.

Ia berharap, para kades yang baru dilantik dalam melayani semua warga di masing-masing desa tanpa pandang bulu. Sebab perbedaan itu telah berakhir ditandai dengan pelantikan.

“Kembali ke desa masing-masing dan rangkul semua warga, sehingga tidak ada blok-blok di desa. Ingat bahwa ada simbol Garuda dan abdi di pundak kades,” tegas Bupati.

Dia juga mengingatkan agar para kades untuk tidak menyalahgunakan dana desa/alokasi dana desa. Sehingga ketika mengakhiri jabatan enam tahun kedepan tidak bermasalah.

Pelantikan kades definitif dari hasil Pilkades serentak ini berlangsung tiga tahap. Untuk tahap pertama ada tiga kecamatan yakni Tanimbar Selatan, Wertamrian dan Kormomolin.

Pada Kamis (8/4/2021), Kecamatan Wermaktian, Selaru dan Nirunmas, dan dilanjutkan pada Jumat (9/4/2021), yaitu Kecamatan Tanimbar Utara Fordata, Molu Maru dan Wuarlabobar. (BB-SL)