BERITABETA.COM, Ambon – Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Maluku dibawah kepemimpinan Ramli Umasugy  dinilai berjalan baik. Tubuh Partai Gokar Maluku pun dinilai solid sehingga tidak ada alsan yang substantif untuk mendepak Bupati Buru Ketua DPD Golkar Maluku.

Penegasan ini disampaikan Fungsionaris DPD Golkar Maluku Zeth Pormes kepada beritabeta.com di Ambon, Jumat (2/10/2020).

Pormes juga menepis berbagai isu yang berkembang terkait desakan  oknum di Partai Golkar Maluku ke DPP  untuk mendepak Ramli Umasugy dari Ketua DPD Golkar Maluku.

Desakan itu, kata dia, sangat tidak mendasar. Golkar Maluku dibawah kepemimpinan Ramli saat ini sangat solid. Bahkan, sedang intens melakukan konsolidasi secara internal di kubu partai Golkar Maluku.

“Pernyataan untuk mendepak Pak Ramli sangat tidak substantif. Kepengurusan Golkar Maluku saat ini sangat solid. Kita sementara melakukan konsolidasi di internal partai. Bahkan, sementara sedang melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) di tingkat DPD II partai Golkar Kabupaten/Kota,” ujar Pormes.

Menurutnya, isu yang didengungkan ke DPP itu murahan. Sebab, Ramli Umasugy terpilih sebagai secara aklamasi pada forum tertinggi Muda tingkat I DPD Golkar Maluku. Dukungan seluruh DPD II Golkar Kabupaten/Kota se Maluku kepada l Ramli Umasugy menandakan betapa solid Golkar Maluku.

“Sampai dengan saat ini, seluruh DPD II Golkar di Maluku masih tetap solid. Kalau ada perbedaan dalam proses Musda DPD II Golkar se Maluku telah diselesaikan. Hanya saja tersisa Golkar Kota Ambon yang sementara masih di skorsing. Jadi saya kira, kalau membangun opini untuk mendepak Pak Ramli itu sangat tidak elegan,” ungkapnya.

Alasan yang dibangun untuk melengserkan Ramly dari ketua DPD tidak mendasar, sehingga tidak mungkin Ramli bisa didepak dari Ketua DPD I Golkar Maluku. Karena tidak sesuai dengan amanat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) partai Golkar.

“Intinya, apa yang didengungkan tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk menumbangkan pak Ramli,” tandasnya.

Sebelumnya dikabarkan, DPD Golkar Maluku di bawah kepemimpinan Ramli Umasugy dinilai gagal, shingga DPP diminta untuk mendepak Ramli dari kursi ketua DPD Partai Golkar Maluku.

Kegagalan Ramli sebagai ketua DPD Golkar Maluku lantaran kisruh yang terjadi pada Musda DPD II Partai Golkar di beberapa kabupaten/kota (BB-AHM)