BERITABETA.COM, Ambon — PT Kreasi Himono Indonesia berhasil mengekspor sebanyak 81 kilogram [Kg] Ikan Tuna segar dari Kota Ambon, Provinsi Maluku ke Negara Jepang.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan [BKIPM] Ambon Muhammad Hatta Arisandi di Ambon, Kamis (2/6/2022)

Hatta menandaskan, kegiatan ekspor ini dilakukan berkat percepatan proses perizinan ekspor oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan [KKP] melalui [BKIPM] Ambon yang hanya butuh waktu tiga hari dari normalnya 10 hari.

"Kita maksimalkan layanan akselerasi percepatan layanan, sehingga hari ini kita lakukan pelepasan ekspor tuna loin segar PT Kreasi Himono Indonesia ke Jepang," ungkap Muhammad Hatta Arisandi.

Ia menerangkan, pelepasan ekspor yang disaksikan anggota Komisi IV DPR-RI Saadiah Uluputty, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon R Teddy Laksmana dan instansi terkait ini menjadi pertama kalinya oleh PT Kreasi Himono Indonesia.

Menurutnya, selama ini PT Kreasi Himono Indonesia hanya terkonsentrasi mengirim ikan beku.

"Dengan bisa langsung ekspor ke Jepang, yang merupakan pasar utama, maka harganya juga lebih tinggi dan semoga kedepan bisa lebih luas lagi menjangkau negara tujuan ekspor lainnya seperti ke Malaysia serta Singapura," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan [DKP] Maluku M Safar Latuconsina menandaskan, pihaknya mendukung kerja BKIPM untuk mempercepat perizinan ekspor produk perikanan dan kelautan dari Maluku.

 "Meski sempat ada hari libur, tapi karena untuk tujuan bersama percepat ekspor, maka proses perizinan itu tetap kita laksanakan," tandasnya (*)

Editor : Redaksi